Pelatihan Pembuatan Logo Kreatif untuk Produk UMKM Menggunakan Canva

Penulis

  • Mohammad Syamsul Azis Universitas Nusa Mandiri
  • Junuarti Eka Safitri Universitas Nusa Mandiri

Abstrak

Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) memegang peran krusial sebagai mitra pembangunan di luar lingkup Pemerintahan Desa, berkontribusi besar dalam mendorong kemajuan desa. Salah satu contohnya adalah LPM yang beroperasi di Desa Pasirkamuning, Kecamatan Telagasari, Karawang. Di Desa Pasirkamuning, terdapat sejumlah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang menghasilkan produk khas Karawang, yang mana sebagian besar di bina oleh LPM Pasirkamuning.Meskipun UMKM di Desa Pasirkamuning memiliki potensi besar, mereka masih menghadapi kendala dalam mengembangkan merek produk mereka, terutama dalam hal keberadaan logo yang dapat digunakan untuk mempromosikan produk. Untuk mengatasi tantangan ini, mahasiswa dan civitas akademika dari Universitas Nusa Mandiri, khususnya Program Studi Sistem Informasi, turut serta memberikan solusi. Kami menghadirkan pelatihan bertajuk "Membuat Logo Kreatif untuk UMKM menggunakan Canva" sebagai upaya konkrit untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.Pelatihan ini dirancang untuk meningkatkan keterampilan para pelaku UMKM dalam menciptakan logo yang kreatif menggunakan platform desain online, Canva. Canva dipilih sebagai alat pelatihan karena kesederhanaan dan kemudahan penggunaannya, memungkinkan setiap orang, termasuk pelaku UMKM yang mungkin belum berpengalaman dalam desain grafis, untuk membuat logo, poster, dan materi promosi visual lainnya.Dengan peningkatan keterampilan desain grafis menggunakan Canva, diharapkan pelaku UMKM Desa Pasirkamuning dapat lebih percaya diri dalam mempromosikan produk mereka. Logo yang kreatif dan menarik dapat menjadi identitas merek yang kuat, membantu meningkatkan daya tarik produk dan kepercayaan konsumen. Selain itu, pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan efektivitas promosi UMKM Desa Pasirkamuning secara keseluruhan.Partisipasi Universitas Nusa Mandiri dalam memberikan pelatihan ini adalah langkah nyata dalam mendukung pengembangan ekonomi lokal dan pemberdayaan UMKM. Harapannya, pelatihan ini tidak hanya memberikan keterampilan praktis, tetapi juga membuka peluang baru untuk pertumbuhan bisnis dan meningkatkan citra produk UMKM Desa Pasirkamuning di pasaran yang semakin kompetitif

Referensi

Aguswan, A., Saputra, T., Astuti, W., Eka, E., & Syofian, S. (2020). Bimbingan Teknis Perencanaan Partisipatif Pembangunan Desa di Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar. Warta LPM, 23(1), 63–72.

Apriliah, W., Tabrani, M., & Ermawati, E. (2023). Pemanfaatan Paltform Canva Dalam Meningkatkan Kemampuan Tehnologi Komputer Untuk Staff UPTD Puskesmas Karawang. PRAWARA Jurnal ABDIMAS, 2(1), 18–24.

Azis, M. S. (2019). Pelatihan Pembuatan Laporan Rekapitulasi Keluarga Prasejahtera Pada Kecamatan Karawang Barat. J. Abdimas BSI J. Pengabdi. Kpd. Masy, 2(2), 295–305.

Azis, M. S., Nurrahman, D., & Safitri, J. E. (2022). Tips Dan Trik Antisipasi Hoax Di Era Digital. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 577–583.

Kurnianingsih, I., Rosini, R., & Ismayati, N. (2017). Upaya peningkatan kemampuan literasi digital bagi tenaga perpustakaan sekolah dan guru di wilayah Jakarta pusat melalui pelatihan literasi informasi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 61–76.

Pratama, D. A. (2023). Potensi dan Peran Kontribusi BMT Sidogiri Cabang Depok dalam Meningkatkan Produktivitas Bisnis Lokal. Al-Tasyree: Jurnal Bisnis, Keuangan Dan Ekonomi Syariah, 15(01), 18–27.

Suhardi, S., Prasetyo, F., & Ardiansyah, D. (2022). Sosialisasi Bahaya NARKOBA dengan Memanfaatkan Teknologi Sistem Informasi pada Karang Taruna Harapan Bangsa Cikande Karawang. PRAWARA Jurnal ABDIMAS, 1(1), 8–15.

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-20

Cara Mengutip

Syamsul Azis, M., & Eka Safitri, J. (2024). Pelatihan Pembuatan Logo Kreatif untuk Produk UMKM Menggunakan Canva. PRAWARA Jurnal ABDIMAS, 3(1 JANUARI), 12–17. Diambil dari http://jurnalilmiah.id/index.php/abdimas/article/view/94