http://jurnalilmiah.id/index.php/abdimas/issue/feedPRAWARA Jurnal ABDIMAS2024-12-17T19:45:28+07:00Open Journal Systems<p>PRAWARA : <a title="Jurnal Pengabdian Masyarakat" href="https://jurnalilmiah.id/index.php/abdimas" target="_blank" rel="noopener"><strong>Jurnal Pengabdian Masyarakat</strong></a>. Secara etimologi Prawara berarti terkemuka (sangsakerta) diterbitkan pada laman jurnalilmiah.id. Jurnal Pengabdian Masyarakat terbit pada bulan Februari, April, Juli dan November setiap tahun. Jurnal PRAWARA membahas praktik dan proses pengabdian masyarakat dan sebagai khazanah bagi akademisi dan praktisi untuk mengeksplorasi masalah dan merefleksikan praktik berkaitan pengabdian masyarakat. Jurnal PRAWARA ini didedikasikan untuk publikasi artikel pengabdian masyarakat berkualitas yang berfokus pada implementasi layanan pengabdian kepada masyarakat dengan nomor <strong><a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/20220307020918037">P-ISSN:2828-7916</a></strong> <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/20220307020918037" target="_blank" rel="noopener"><strong>E-ISSN:2828-3430 </strong></a></p>http://jurnalilmiah.id/index.php/abdimas/article/view/123Sosialisasi Pengenalan Aplikasi Canva Sebagai Sarana Membangun Brand Awareness Pada Umkm Kedung Waringin2024-11-15T09:18:55+07:00Hananda Priyandaruhanandap@bsi.ac.idAprilia Puspasarisefrika.sfe@bsi.ac.idSefrika Entassefrika.sfe@bsi.ac.idSifa Fauziahsifa.saz@bsi.ac.id<p>UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) telah menjadi bagian integral dari perekonomian Indonesia, dengan kontribusi mencapai 61% dari Pendapatan Domestik Bruto (PDB) pada tahun 2023. Pertumbuhan UMKM yang pesat, dengan total pelaku usaha sekitar 66 juta dan menyerap lebih dari 117 juta pekerja, mencerminkan dinamika positif yang penting dalam pembangunan ekonomi nasional. Namun, UMKM, khususnya di Desa Kedung Waringin, dihadapkan pada tantangan untuk beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan internet yang cepat. Salah satu bentuk adaptasi yang krusial adalah pengembangan brand awareness, yang memegang peranan penting dalam membangun daya jual produk dan keberlanjutan usaha.Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberikan pemahaman mengenai konsep brand awareness dan cara membangunnya dengan menggunakan aplikasi Canva. Aplikasi ini dapat membantu UMKM dalam merancang brand yang menarik dan mudah dikenali masyarakat, guna meningkatkan pemasaran dan pendistribusian produk. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini berupa pemaparan materi mengenai brand awareness dan penerapan praktis penggunaan aplikasi Canva dalam pembuatan desain brand yang efektif. Melalui pelatihan ini, diharapkan para pelaku UMKM di Desa Kedung Waringin dapat lebih memahami pentingnya brand awareness dan dapat mengimplementasikan teknologi untuk memperkuat pemasaran produk mereka di pasar yang semakin kompetitif. Dengan demikian, pelatihan ini bertujuan untuk mendukung transformasi UMKM konvensional menjadi lebih modern dan dikenal luas di masyarakat.Kegiatan pengabdian ini diharapkan memberikan kontribusi nyata dalam membantu UMKM Desa Kedung Waringin untuk menjalankan bisnis yang lebih efektif dan efisien, serta meningkatkan daya saing produk mereka di pasar lokal dan global.</p>2024-11-30T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2024 PRAWARA Jurnal ABDIMAShttp://jurnalilmiah.id/index.php/abdimas/article/view/120Pemanfaatan Aplikasi Word Wall untuk Meningkatkan Minat Belajar Anak2024-11-04T07:14:37+07:00Arfhan Prasetyoarfhan.afp.prasetyo@gmail.comIshak Kholilishak.ihk@nusamandiri.ac.idSidik Sidiksidik.sdk@nusamandiri.ac.idAni Oktarini Sariani.aos@nusamandiri.ac.id<p>Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan orang tua dalam <br />proses pembelajaran anak-anak di Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPA) melalui pemanfaatan aplikasi Wordwall. <br />Wordwall merupakan aplikasi interaktif yang dapat digunakan untuk membuat berbagai permainan edukatif yang <br />mendukung proses pembelajaran menjadi lebih menarik dan menyenangkan. Dalam era digital saat ini, anakanak lebih tertarik belajar melalui media interaktif yang merangsang minat dan motivasi mereka. Oleh karena <br />itu, melibatkan orang tua dalam pemanfaatan teknologi ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas interaksi dan <br />efektivitas pembelajaran di rumah. Mitra kegiatan ini adalah orang tua murid TPA, yang telah mengikuti <br />kegiatan PM dan didampingi oleh para sisten tutor mengenai cara menggunakan aplikasi Wordwall dalam <br />membantu anak-anak mereka belajar banyak materi. Kegiatan ini dilakukan melalui serangkaian workshop, <br />tutorial praktis, serta sesi diskusi dan evaluasi yang diharapkan mampu menciptakan lingkungan belajar yang <br />kondusif di rumah.Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah peningkatan kemampuan orang tua dalam <br />menggunakan teknologi sebagai media pendukung pembelajaran dengan rata-rata nilai kepuasan peserta antara <br />4,00 hingga 4,53 yang tergolong kategori puas hingga sangat puas, serta peningkatan minat belajar anak-anak <br />melalui pendekatan yang lebih menyenangkan. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat mempererat <br />hubungan antara orang tua dan anak melalui aktivitas belajar bersama yang kreatif dan interaktif.</p>2024-11-30T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2024 PRAWARA Jurnal ABDIMAShttp://jurnalilmiah.id/index.php/abdimas/article/view/122Pemanfaatan Artificial Intelligence Menggunakan Canva Dalam Meningkatkan Kreatifitas Digital Era Modern Pada Siswa Didik Yayasan Sekar Mandiri Ta’awun 2024-11-15T09:16:19+07:00Suhardi Suhardisuhrdi.sdw@bsi.ac.idWidya Apriliahwidya.wyr@bsi.ac.idMuhamad Tabranitabrani.mtb@bsi.ac.idEka Fitrianifitriani.ean@bsi.ac.id<p>Pemanfaatan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) semakin relevan dalam mendukung berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam meningkatkan kreativitas digital. Artikel ini membahas program pengabdian masyarakat bertajuk "Pemanfaatan Artificial Intelligence Menggunakan Canva dalam Meningkatkan Kreativitas Digital Era Modern pada Siswa Didik Yayasan Sekar Mandiri Ta’awun." Program ini bertujuan untuk memperkenalkan dan mengajarkan penerapan AI dalam desain grafis menggunakan platform Canva kepada siswa Yayasan Sekar Mandiri Ta’awun.Kegiatan ini dirancang untuk memberikan pemahaman dasar mengenai konsep AI dan aplikasinya dalam desain grafis. Melalui pendekatan praktis, siswa diperkenalkan pada fitur-fitur AI di Canva, seperti penyesuaian otomatis ukuran desain, penghapusan latar belakang, hingga saran desain berbasis AI. Sesi praktik langsung memungkinkan siswa menghasilkan proyek desain yang kreatif dan relevan dengan kebutuhan digital masa kini.Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan kemampuan siswa dalam memanfaatkan teknologi digital secara kreatif. Selain itu, program ini berhasil memotivasi siswa untuk lebih terbuka terhadap perkembangan teknologi dan mempersiapkan diri menghadapi tantangan era digital. Dengan demikian, pengenalan AI dalam konteks kreatif digital tidak hanya meningkatkan keterampilan desain siswa tetapi juga membentuk pola pikir inovatif yang adaptif terhadap perubahan zaman.Program ini diharapkan menjadi langkah awal yang inspiratif bagi pengembangan potensi siswa di bidang kreatif digital. Hal ini juga menjadi bukti nyata bahwa integrasi AI dalam pendidikan mampu menciptakan peluang baru untuk generasi muda dalam memanfaatkan teknologi untuk kebutuhan praktis dan profesional di masa depan</p>2024-11-30T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2024 PRAWARA Jurnal ABDIMAShttp://jurnalilmiah.id/index.php/abdimas/article/view/124Tips dan Trik Pemasaran Digital Bagi BUMDes Banaran Kulon Progo Untuk Meningkatkan Minat Beli Masyarakat2024-11-18T04:57:07+07:00Annida Purnamawatiannida.npr@bsi.ac.idHeribertus Ary Setyadiheribertus.hbs@bsi.ac.idYuliantoyulianto.ylt@bsi.ac.idEka Rahmawatieka.eat@bsi.ac.id<p>Hadirnya revolusi digital ditandai dengan terus berkembangnya media sosial, teknologi <em>smartphone</em>, serta kemudahan dalam akses internet telah merubah cara kerja bisnis dan konsumen secara dramatis. BUMDes berorientasi pada pemanfaatan ekonomi yang dapat memberikan manfaat sosial dan non-ekonomi untuk pembangunan desa. Manfaat ekonomi antara lain dapat meningkatkan pendapatan desa dengan semakin meluasnya lapangan kerja, dan aktivitas ekonomi pedesaan. Terdapat sentra kuliner lele asap yang sudah banyak dikenal dan digemari para wisatawan yang datang ke desa Banaran yang terletak dekat dengan pantai. Di desa Banaran juga banyak tumbuh industri kecil menengah yang mengolah berbagai jenis kuliner berbahan ikan, baik ikan yang dibudidayakan oleh masyarakat maupun ikan hasil tangkapan laut para nelayan. Konsumen saat ini berperan di garis terdepan dalam penyampaian secara digital yang tidak hanya mengkonsumsi data dan informasi namun juga menjadikan konten dalam pemasaran sebagai alat bantu yang penting. Diadakannya kegiatan pengabdian masyarakat untuk memberikan wawasan juga tips trik tentang pemasaran digital di era industri 5.0. dalam kegiatan ini juga mengajak peserta untuk memasarkan bisnisnya menggunakan fitur google maps. Hasil dari kegiatan ini adalah pemahaman dalam pemararan digital dan sudah dipublikasikannya bisnis di <em>google maps</em>.</p>2024-11-30T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2024 PRAWARA Jurnal ABDIMAShttp://jurnalilmiah.id/index.php/abdimas/article/view/126Pelatihan Editing Video Dalam Peningkatan Keterampilan Remaja Masjid Alhusain Telaga Murni Cikarang2024-11-25T03:26:57+07:00Silvia Nanda Putri Eritosilvia.snp@bsi.ac.idTri Haryatitri.trt@bsi.ac.idDede Nurahmandede.deh@bsi.ac.id<p>Pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu wujud implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dilakukan oleh dosen. Dalam era digital, keterampilan video editing menjadi sangat relevan untuk berbagai keperluan, termasuk kegiatan sosial dan keagamaan. Aplikasi CapCut, dengan fitur yang kompleks dan manfaat yang luas, telah menjadi alat populer di berbagai bidang, termasuk dalam mendukung aktivitas masjid. Namun, keterampilan editing video di kalangan Remaja Masjid Al Husain, Telaga Murni, Cikarang, masih tergolong kurang optimal, sehingga kualitas video yang dihasilkan belum maksimal.Untuk mengatasi permasalahan tersebut, tim pengabdian masyarakat menyelenggarakan pelatihan video editing menggunakan aplikasi CapCut bagi Remaja Masjid Al Husain. Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan keterampilan kreatif mereka dalam pembuatan dan pengeditan video, baik untuk mendukung kegiatan masjid maupun keperluan pribadi. Pelatihan dilakukan melalui metode penyampaian teori, demonstrasi, dan praktik langsung, sehingga peserta dapat mempelajari konsep sekaligus menerapkannya secara langsung.Hasil evaluasi menunjukkan bahwa pelatihan ini berjalan dengan baik dan memberikan dampak positif bagi peserta. Analisis kuesioner yang diisi oleh peserta menunjukkan peningkatan pemahaman mereka terhadap teknik editing video, serta kemampuan untuk menghasilkan konten yang lebih kreatif dan berkualitas. Dengan demikian, pelatihan ini tidak hanya berhasil meningkatkan keterampilan teknis peserta tetapi juga memberikan kontribusi nyata terhadap pengembangan potensi Remaja Masjid Al Husain dalam bidang kreatif digital.</p>2024-11-30T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2024 PRAWARA Jurnal ABDIMAShttp://jurnalilmiah.id/index.php/abdimas/article/view/118Pengembangan Organisasi Berbasis Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Efisiensi dan Inovasi Bagi Organisasi Kemasyarakatan Fatayat NU Kota Tangerang2024-10-12T08:15:35+07:00Normah Normahnormah.nor@nusamandiri.ac.idBakhtiar Rifaibakhtiar.bri@nusamandiri.ac.idRuhul Aminruhul.ran@nusamandiri.ac.idEsron Nainggolanesron.ekg@nusamandiri.ac.id<p>Pengabdian masyarakat ini berfokus pada peningkatan kapasitas UMKM dan lembaga pendidikan dalam mengintegrasikan teknologi informasi (TI) untuk pengembangan organisasi. Program ini menargetkan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang manajemen perubahan yang dibutuhkan selama transisi digital, dan menawarkan pelatihan praktis dalam menggunakan tools TI seperti software manajemen proyek, sistem CRM, dan alat analisis data. Tujuannya adalah untuk mendorong peserta agar tidak hanya memahami pentingnya teknologi dalam mempercepat efisiensi dan inovasi, tetapi juga untuk memberi mereka keterampilan yang diperlukan untuk mengimplementasikan solusi TI secara efektif. Diharapkan, kegiatan ini dapat menghasilkan peningkatan kemampuan operasional peserta, rencana implementasi yang konkret untuk penggunaan teknologi, dan jaringan profesional yang dapat mendukung inisiatif mereka ke depan. Luaran ini penting untuk memastikan bahwa UMKM dan lembaga pendidikan dapat bersaing dan berkembang dalam ekonomi digital saat ini.</p>2024-12-08T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2024 PRAWARA Jurnal ABDIMAShttp://jurnalilmiah.id/index.php/abdimas/article/view/127Pelatihan Desain Grafis Berbasis Artificial Intelligence: Mendorong Kreativitas Remaja Masjid Alhusain Menuju Era Digital2024-12-02T13:18:04+07:00Yahya Mara Ardiyahya.yym@bsi.ac.idNurul Ichsannurul.nrc@bsi.ac.id Amin Nur Raisamin.arv@bsi.ac.idChalimatusadiah Chalimatusadiahchalimatusadiah.cld@bsi.ac.id<p>Pengabdian masyarakat merupakan tanggung jawab yang melekat pada dosen, yang merupakan suatu proses pemberdayaan diri dan memiliki potensi untuk mendukung kepentingan masyarakat di area yang sedang berkembang. Tujuan utama dari pengabdian masyarakat adalah untuk memberikan kontribusi positif kepada masyarakat tanpa mengharapkan imbalan secara finansial. Kegiatan ini biasanya ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, memberikan solusi atas masalah-masalah sosial, ekonomi, atau lingkungan, serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Dengan membentuk masyarakat yang sesuai dengan perkembangan zaman dan berpikiran realistis, akan tercipta gaya kepemimpinan yang handal dan berkontribusi pada kemajuan peradaban. Ada berbagai metode yang dapat digunakan dalam pelaksanaan pengabdian masyarakat, mulai dari penyuluhan, pelatihan, pemberian bantuan teknis, pengembangan produk atau teknologi, hingga penyediaan layanan kesehatan dan pendidikan. Pengabdian Masyarakat yang akan dilaksanakan adalah dalam bentuk pelatihan pemanfaatan teknologi Artificial Intelligence (AI) yang akan diberikan oleh Dosen dan dibantu oleh mahasiswa Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI). Dosen-dosen UBSI, yang memiliki keahlian dan profesionalisme dalam bidang teknologi, dapat menjadi pionir dalam pengabdian masyarakat yang bermanfaat, terutama dalam menyelaraskan kemajuan teknologi berbasis AI dengan pendidikan di Indonesia. Ini sangat relevan bagi remaja masjid Alhusain yang membutuhkan pengetahuan terkini untuk mendukung berbagai aspek, khususnya dalam bidang desain grafis untuk mengasah kreativitasnya. Pemanfaatan teknologi AI dapat membantu dalam pembuatan desain secara lebih efisien dan cepat.</p>2024-11-30T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2024 PRAWARA Jurnal ABDIMAShttp://jurnalilmiah.id/index.php/abdimas/article/view/128Pelatihan Membuat Bahan Ajar Interaktif Dan Menarik Menggunakan Canva2024-12-08T06:05:20+07:00Juniarti Eka Safitrijuniarti.jes@nusamandiri.ac.idJuarni Siregarjuarni.jsr@nusamandiri.ac.idAni Yoraeniani.ayr@nusamandiri.ac.idFindi Ayu Sariasihfindi.fav@nusamandiri.ac.id<p>Tujuan utama pengabdian kepada masyarakat ini adalah meningkatkan keterampilan desain guru dalam membuat bahan ajar interaktif dan menarik menggunakan Canva pada Raudhatul Athfal (RA) Al Muttaqin. Bahan ajar yang interaktif dapat mendukung proses pembelajaran yang lebih efektif dan menyenangkan, khususnya bagi siswa usia dini. Metode pelaksanaan kegiatan ini meliputi pelatihan, pendampingan intensif, dan evaluasi hasil karya guru. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan pada kemampuan peserta dalam menggunakan Canva, termasuk pemahaman terhadap fitur-fiturnya, penerapan elemen desain yang relevan, dan kemampuan menciptakan bahan ajar berbasis digital yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Sebelum pelatihan, hanya 20% guru yang mampu membuat desain sederhana; namun, setelah pelatihan, angka ini meningkat menjadi 90%, dengan kualitas desain yang lebih menarik dan profesional.Selain itu, peserta melaporkan peningkatan kreativitas dan kepercayaan diri dalam menggunakan teknologi untuk mendukung pembelajaran. Implikasi dari kegiatan ini mencakup penggunaan bahan ajar digital yang lebih variatif di kelas, sehingga mampu meningkatkan motivasi belajar siswa. Kegiatan ini membuktikan bahwa pelatihan berbasis aplikasi desain modern seperti Canva dapat menjadi solusi inovatif untuk pengembangan kompetensi guru dalam era digital.</p>2024-11-30T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2024 PRAWARA Jurnal ABDIMAShttp://jurnalilmiah.id/index.php/abdimas/article/view/129Pemanfaatan Artificial Intelligence Pembuatan Konten Media Sosial Yang Menarik Bagi Remaja Masjid Al Husain 2024-12-17T19:45:28+07:00Feri Prasetyo Hferi.fpo@bsi.ac.idAnus Wuryantoanus.awu@bsi.ac.idNicodias Palasaranico.ncp@bsi.ac.idMuhammad Tabranimuhammad.mtb@bsi.ac.id<p>Artificial Intelligence (AI) adalah teknologi yang memungkinkan komputer untuk meniru kemampuan manusia dalam memproses data, belajar, dan mengambil keputusan. Dalam konteks remaja, terutama dalam mendesain media sosial, AI menawarkan berbagai manfaat yang signifikan, seperti membantu desain grafis dengan rekomendasi tata letak, skema warna, dan elemen visual yang menarik, serta personalisasi konten sesuai minat audiens. Dengan memanfaatkan AI, remaja dapat membuat konten media sosial yang lebih efektif dan profesional, sehingga mampu meningkatkan daya tarik dan interaksi pada platform digital. Kegiatan Ini difokuskan pada pemanfaatan AI dalam mendesain konten media sosial bagi remaja BKM (Badan Kesejahteraan Masjid) Al Husain Telaga Murni Cikarang sebagai upaya untuk meningkatkan visibilitas dan aksesibilitas informasi di kalangan komunitas arena Sebagian besar remaja BKM tidak menguasai tentang Desain grafis secara formal,dengan memanfaatkan Teknologi AI memungkinkan produksi konten yang lebih efisien, inovatif. Namun, tidak semua pengguna media sosial memahami cara membuat konten yang menarik atau memanfaatkan algoritma AI secara optimal. Melalui pembelajaran dan penerapan AI, diharapkan remaja dapat menghasilkan konten yang kreatif dan relevan, mendukung aktivitas Kegitan BKM, dan dapat menghasilkan deain konten event yang menarik yang apat di pubilkasikan di media social.</p>2023-11-30T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2024 PRAWARA Jurnal ABDIMAS