Rancang Bangun Pemprograman Penjualan Furniture Indoor dengan Metode Waterfall Berbasis Java Dekstop

Penulis

  • Walim Universitas Bina Sarana Informatika
  • Hananda Priyandaru Universitas Bina Sarana Informatika
  • Nurul Universitas Bina Sarana Informatika
  • Raihan Universitas Bina Sarana Informatika

Kata Kunci:

Furniture, Waterfall, MySQL, Java NetBaens

Abstrak

Abstrak - Furniture adalah  perlengkapan  rumah  yang  mencakup  semua barang seperti  kursi, meja, dan lemari. Mebel berasal dari kata movable, yang artinya bisa bergerak. Adanya peningkatan  kebutuhan  masyarakat  akan  barang-barang  elektronik  dan furniture menjadikan  peluang  bisnis  yang  cukup  bagus  bagi  pelaku  usaha,  sehingga  banyak bermunculan perusahaan yang bergerak dibidang penjualan barang-barang elektronik dan mebel. Untuk sistem penjualan dan pembelian barang masih menggunakan metode konvensional  yaitu  pencatatan  setiap  transaksi  dengan  menggunakan  buku  besar, sehingga kesulitan dalam pengontrolan persediaan barang, kesulitan dalam pembuatan laporan penjualan dan pembelian dan membutuhkan waktu lama dalam pencarian data barang.Pengembangan   sistem   yang   digunakan   ditempat   penelitian   digunakan   metode waterfall.  Proses  desain sistem dijabarkan  dalam  bentuk Entity  Relationship  Diagramdan Logical Record Structure. Serta teknik pengumpulan data dengan metode observasi dan studi pustaka. Implementasi  program menggunakan XAMPP  MySQL untuk  database  dan  menggunakan bahasa pemograman Java  dengan NetBeans sebagai software dalam perancangan program dan  untuk  penjelasan  jalan  nya  program dibuat  dalam  bentuk flowchart. Program  ini  dibuat  agar  proses  transaksi  penjualan  barang  toko  furniture  yang awalnya manual menjadi terkomputerisasi agar lebih efektif dan efisien.

 

Kata Kunci : Furniture, Waterfall, MySQL, Java NetBaens

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Hanif, A. (2021). Modul Pembelajaran Digital Pemasaran Daring Dengan Penghitung Harga Jual Berbasis Android. Profitabilitas, 1(1), 38–45.

Lase, M., Suhardi, S., Sundari, S., & Sopandi, R. (2019). PERANCANGAN SISTEM MONITORING AKADEMIK SISWA BERBASIS WEB PADA SMP ISLAM TARBIYYATUL FALAH. Jurnal Akrab Juara, 4(5), 125–132.

Priyandanu, H., Tabrani, M., Suhardi, S., & Mutaqin, Z. (2020). MANAJEMEN PERSEDIAAN BAHAN BAKU BERBASIS PADA PT. TUFFINDO NITTOKU AUTONEUM KARAWANG. JURNAL ILMIAH M-PROGRESS, 10(1).

Putra, M. I. D., & Natalia, F. (2021). SIPAS (SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN DANA MESJID). Profitabilitas, 1(1), 26–37.

Rianto, I. (2021). Rekayasa Perangkat Lunak. Penerbit Lakeisha.

Suhardi. (2019). PENGARUH GAYA HIDUP, DEMOGRAFI DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN. PERSPEKTIF, 17(1), 93–103.

Suhardi, S., Walim, W., Priyandaru, H., Prabowo, W., & Priatmojo, H. (2021). IMPLEMENTASI INFORMATION RETRIEVAL SYSTEM UNTUK KLASIFIKASI BERITA OFFLINE DI INDONESIA MENGGUNAKAN METODE EXTENDED BOOLEAN. CERMIN: Jurnal Penelitian, 5(1), 124–137.

Suhardi, S., Widyastuti, T., Bisri, B., & Prabowo, W. (2019). FORECASTING ANALYSIS OF NEW STUDENTS ACCEPTANCE USING TIME SERIES FORECASTING METHOD. Jurnal Akrab Juara, 4(5), 10–23.

Tabrani, M., & Priyandaru, H. (2021). Application of the Rapid Application Development Method to the BAZNAS Zakat Receipt Information System in Karawang. Jurnal Teknologi Dan Open Source, 4(1), 78–84.

Tabrani, M., Suhardi, S., & Priyandaru, H. (2021). SISTEM INFORMASI MANAJEMEN BERBASIS WEBSITE PADA UNL STUDIO DENGAN MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODEIGNITER. JURNAL ILMIAH M-PROGRESS, 11(1).

Walim, W., & Suhardi, S. (2020). RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI E-COMMERCE DALAM PENJUALAN HARDWARE KOMPUTER BERBASIS WEBSITE. CERMIN: Jurnal Penelitian, 4(2), 317–338.

Wijayanti, D., Yuliandari, D., & Bambang, A. (2021). DESIGN OF MANAGEMENT INFORMATION SYSTEM OF FINAL ASSIGNMENT GUIDANCE (SIMBITA) WEB-BASED. Jurnal Teknologi Dan Open Source, 4(1), 28–36.

Unduhan

Diterbitkan

2021-12-07

Cara Mengutip

Walim, Priyandaru, H., Widayanti, N., & Raihan, M. . (2021). Rancang Bangun Pemprograman Penjualan Furniture Indoor dengan Metode Waterfall Berbasis Java Dekstop. Jurnal Keilmuan Teknologi Informasi Dan Ilmu Manajemen (Justifi), 1(1), 38–49. Diambil dari https://jurnalilmiah.id/index.php/Justifi/article/view/1