Rancang Bangun Pemprograman Penjualan Furniture Indoor dengan Metode Waterfall Berbasis Java Dekstop
Kata Kunci:
Furniture, Waterfall, MySQL, Java NetBaensAbstrak
Abstrak - Furniture adalah perlengkapan rumah yang mencakup semua barang seperti kursi, meja, dan lemari. Mebel berasal dari kata movable, yang artinya bisa bergerak. Adanya peningkatan kebutuhan masyarakat akan barang-barang elektronik dan furniture menjadikan peluang bisnis yang cukup bagus bagi pelaku usaha, sehingga banyak bermunculan perusahaan yang bergerak dibidang penjualan barang-barang elektronik dan mebel. Untuk sistem penjualan dan pembelian barang masih menggunakan metode konvensional yaitu pencatatan setiap transaksi dengan menggunakan buku besar, sehingga kesulitan dalam pengontrolan persediaan barang, kesulitan dalam pembuatan laporan penjualan dan pembelian dan membutuhkan waktu lama dalam pencarian data barang.Pengembangan sistem yang digunakan ditempat penelitian digunakan metode waterfall. Proses desain sistem dijabarkan dalam bentuk Entity Relationship Diagramdan Logical Record Structure. Serta teknik pengumpulan data dengan metode observasi dan studi pustaka. Implementasi program menggunakan XAMPP MySQL untuk database dan menggunakan bahasa pemograman Java dengan NetBeans sebagai software dalam perancangan program dan untuk penjelasan jalan nya program dibuat dalam bentuk flowchart. Program ini dibuat agar proses transaksi penjualan barang toko furniture yang awalnya manual menjadi terkomputerisasi agar lebih efektif dan efisien.
Kata Kunci : Furniture, Waterfall, MySQL, Java NetBaens
Unduhan
Referensi
Hanif, A. (2021). Modul Pembelajaran Digital Pemasaran Daring Dengan Penghitung Harga Jual Berbasis Android. Profitabilitas, 1(1), 38–45.
Lase, M., Suhardi, S., Sundari, S., & Sopandi, R. (2019). PERANCANGAN SISTEM MONITORING AKADEMIK SISWA BERBASIS WEB PADA SMP ISLAM TARBIYYATUL FALAH. Jurnal Akrab Juara, 4(5), 125–132.
Priyandanu, H., Tabrani, M., Suhardi, S., & Mutaqin, Z. (2020). MANAJEMEN PERSEDIAAN BAHAN BAKU BERBASIS PADA PT. TUFFINDO NITTOKU AUTONEUM KARAWANG. JURNAL ILMIAH M-PROGRESS, 10(1).
Putra, M. I. D., & Natalia, F. (2021). SIPAS (SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN DANA MESJID). Profitabilitas, 1(1), 26–37.
Rianto, I. (2021). Rekayasa Perangkat Lunak. Penerbit Lakeisha.
Suhardi. (2019). PENGARUH GAYA HIDUP, DEMOGRAFI DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN. PERSPEKTIF, 17(1), 93–103.
Suhardi, S., Walim, W., Priyandaru, H., Prabowo, W., & Priatmojo, H. (2021). IMPLEMENTASI INFORMATION RETRIEVAL SYSTEM UNTUK KLASIFIKASI BERITA OFFLINE DI INDONESIA MENGGUNAKAN METODE EXTENDED BOOLEAN. CERMIN: Jurnal Penelitian, 5(1), 124–137.
Suhardi, S., Widyastuti, T., Bisri, B., & Prabowo, W. (2019). FORECASTING ANALYSIS OF NEW STUDENTS ACCEPTANCE USING TIME SERIES FORECASTING METHOD. Jurnal Akrab Juara, 4(5), 10–23.
Tabrani, M., & Priyandaru, H. (2021). Application of the Rapid Application Development Method to the BAZNAS Zakat Receipt Information System in Karawang. Jurnal Teknologi Dan Open Source, 4(1), 78–84.
Tabrani, M., Suhardi, S., & Priyandaru, H. (2021). SISTEM INFORMASI MANAJEMEN BERBASIS WEBSITE PADA UNL STUDIO DENGAN MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODEIGNITER. JURNAL ILMIAH M-PROGRESS, 11(1).
Walim, W., & Suhardi, S. (2020). RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI E-COMMERCE DALAM PENJUALAN HARDWARE KOMPUTER BERBASIS WEBSITE. CERMIN: Jurnal Penelitian, 4(2), 317–338.
Wijayanti, D., Yuliandari, D., & Bambang, A. (2021). DESIGN OF MANAGEMENT INFORMATION SYSTEM OF FINAL ASSIGNMENT GUIDANCE (SIMBITA) WEB-BASED. Jurnal Teknologi Dan Open Source, 4(1), 28–36.