Pengaruh Brand Image dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk L'oréal Melalui Platform E-commerce Shopee

Penulis

  • Annisa Safitri Universitas Bina Sarana Informatika
  • Ratnawaty Marginingsih Universitas Bina Sarana Informatika
  • Wiwit Rohaeni Yulianti Universitas Bina Sarana Informatika

Kata Kunci:

Brand image, Harga, Keputusan Pembelian

Abstrak

Perkembangan e-commerce telah mengubah pola perilaku konsumen dalam melakukan pembelian produk, termasuk produk kecantikan seperti L’Oréal. Hubungan L’Oréal dengan Israel kembali menjadi sorotan dan menimbulkan kontroversi pada tahun 2024. Pandangan konsumen terhadap citra merek L’Oréal juga turut dipengaruhi oleh isu ini, khususnya di Asia dan negara-negara dengan sentimen antikonflik yang kuat. Dalam situasi tersebut, brand image dan harga menjadi dua faktor penting yang dapat memengaruhi keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand image dan harga terhadap keputusan pembelian produk L’Oréal melalui platform e-commerce Shopee. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah responden sebanyak 102 orang yang pernah membeli produk L’Oréal melalui Shopee. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner dan dianalisis menggunakan SPSS 21. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa brand image berpengaruh positif sebesar 4,85% namun tidak signifikan terhadap keputusan pembelian, sementara harga berpengaruh positif sebesar 63,36% dan signifikan. Secara simultan, brand image dan harga berpengaruh signifikan sebesar 68,21% terhadap keputusan pembelian.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aditya, & Krisna. (2021). “Riset Populer Pemasaran Jilid 1.” (Bandung:Media Sains Indonesia).

Alma, B. (2020). Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabet.

Anam, M. S., Nadila, D. L., Anindita, T. A., & Rosia, R. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Produk Hand and Body Lotion Merek Citra. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 4(1), 120–136. https://doi.org/10.36778/jesya.v4i1.277

Ananda, Gladis, F., & Hendratmoko, C. (2024). Pengaruh Brand Image , Brand Trust , Viral Marketing , dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sepatu Converse pada Mahasiswa di Surakarta. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi Bisnis Digital, Ekonomi Kreatif, Dan Entrepreneur, 5, 192–203.

Andrianata, M., Suharsono, J., & Fithrianto, M. N. (2022). Pengaruh Brand Image, Harga, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Rumah Makan Ikan Bakar Gatsu Probolinggo. Jesya, 5(2), 2657–2666. https://doi.org/10.36778/jesya.v5i2.867

Andriani, S. (2022). Pengaruh Electronic Word of Mouth (E-Wom) Terhadap Keputusan Pembelian. Journal Ekonomi Dan Manajemen, 1–23.

Ayesa, Banyu, R., Hartono, S., & AY, B. (2020). PENGARUH PROMOSI, HARGA DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL WULING CONFERO DI SURAKARTA. Edunomika, 04(01), 207–217.

Azhari, E., Saleh, L. M., & Marantika, M. (2023). Analisis Faktor Penyebab Keterlambatan Proyek Pembangunan Gedung Laboratorium Terpadu dan Perpustakaan MAN 1 Maluku Tengah. Journal Agregate, 2(2), 262–270.

Chaniago, H. (2021). Manajemen Ritel dan Implementasi ((Y. Efawat). Edukasi Riset Digital.

Chernev. (2020). Brand Management (3rd Edition). Cerebellum Press.

Dewi, Punti, Kinasih, S. (2021). Pengaruh Dana Pihak Ketiga Dan Non Performing Financing Terhadap Pembiayaan Mudharabah pada bank umum syariah periode 2016-2020. 3(1), 298–304. https://doi.org/10.32696/jp2sh.v3i1.90

Dumpapa, M. C., Ch Pandowo, M. H., Wenas, R. S., & Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, J. (2024). Pengaruh Kelelahan Emosional, Work-life Balance dan Burnout terhadapKepuasan Kerja Pegawai pada Inspektorat Daerah Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal EMBA, 12(01), 618–629.

Edrick, N. (2022). Pengaruh Kekuatan Pesan Instagram @Ganjar_Pranowo Melalui Perilaku Pemilih Terhadap Tingkat Popularitas Ganjar di Kalangan Generasi Z. Universitas Multimedia Nusantara, 8.5.2017, 2003–2005.

Fadhlurrohman, Fakhry, M., Supartono, & BR, Satpatmantya, K. (2023). Pengaruh Harga, Brand Image, Dan Inovasi Pada Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Di Matahari Department Store Grand Mall Bekasi. Sains Manajemen, 9(1), 28–40. https://doi.org/10.30656/sm.v9i1.6686

Feronika Kumayas, Anderson G. Kumenaung, H. F. D. S. (2024). PENGARUH JUMLAH PENDUDUK, TINGKAT PENDIDIKAN DAN TINGKAT PENGANGGURAN TERHADAP KEMISKINAN DI KABUPATEN MINAHASA. Jurnal Berkala Efisiensi Ilmiah, 24(April), 79.

Gozali, I. (2021). APLIKASI ANALISIS MULTIVARIATE IBM SPSS 26 Edisi 10 (10th ed.).

Gunawan, D. (2022). Keputusan Pembelian Konsumen Marketplace Shopee Berbasis Social Media Marketing.

Hariyanto, R. C., & Wijaya, A. (2022). Pengaruh Brand Ambassador, Brand Image dan Brand Awareness terhadap Purchase Decision. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 4(1), 198. https://doi.org/10.24912/jmk.v4i1.17192

Karimuddin, A., Jannah Misbahul, A. U., Suryadin, H., Zahara, F., Taqwin, Masita, Ardiawan, K. N., & Sari, M. E. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. In Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Kotler, K., Lane, & Swaminathan. (2020). Strategic Brand Management. In Strategic Brand Management. https://doi.org/10.1093/hebz/9780198797807.001.0001

Kotler, P., Armstrong, G., & Balasubramanian, S. (2024). Principles of Marketing. In Pearson.

Lestari, M., & Wismantoro, Y. (2024). Pengaruh Brand Image, Harga, Brand Trust Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Lipstik Wardah Di Kota Semarang. Jurnal Maneksi, 13(1), 233–241. https://doi.org/10.31959/jm.v13i1.2188

Liwandy, A., Liwandy, A., Harun, R., & Daud, S. (2025). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Pada UMKM Kuliner S tudi Kasus “ Pempek 58 Pahoman ” di Bandar Lampung. 9, 892–900.

Munir, M., & Toha, M. (2022). Strategi Membangun Brand Image Lembaga Pendidikan. Intizam: Jurnal Manajeman Pendidikan Islam, 5(2), 23–41.

Nabilah, A. N., & Anggrainie, N. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, Brand Awareness, Brand Image dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Skincare Scarlett Whitening. Journal of Management, 5(3), 728–736. https://doi.org/10.2568/yum.v5i3.3597

Noor, A., & Nursidiq, G. (2024). Dampak Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Transportasi Online (Studi Kasus Penggunaan GoRide oleh Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Jakarta). Bisnis-Net Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 7(1), 266–274. https://doi.org/10.46576/bn.v7i1.4547

Nugraha, R., & Kurnianingsih, H. (2021). PENGARUH KUALITAS PRODUK, PERSEPSI HARGA, DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BIR BINTANG DI SOLORAYA. JURNAL MANAJEMEN, 11(1), 76–86.

Nurul Hikmah, & Ismunandar, I. (2022). Pengaruh Brand Image Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Pada Janji Jiwa Kota Bima. JUEB : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 1(3), 68–73. https://doi.org/10.57218/jueb.v1i3.262

P, Wardani, S., & Permatasari, Intan, R. (2022). Pengaruh Pengembangan Karier Dan Disiplin Kerja Terhadap Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil (Pns) Staf Umum Bagian Pergudangan Penerbangan Angkatan Darat (Penerbad) Di Tangerang. Jurnal Ilmiah M-Progress, 12(1), 13–25. https://doi.org/10.35968/m-pu.v12i1.862

Polii, C. G., Naukoko, A. T., & Siwu, H. F. D. (2023). Pengaruh Indeks Pembangunan Manusia (Ipm) Dan Pertumbuhan Ekonomi Terhadap Tingkat Pengangguran Di Kota Tomohon. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 23(5), 13–24.

Putra, Pratama, Fito. Yusuf, M., Untari, Tyas, D., & Rohaeni, H. (2024). Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk Dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Kahf. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Ekonomi, 5(1), 50–68. https://doi.org/10.47747/jbme.v5i1.1620

Regita, R., Admiral, & Suwita, J. (2023). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN CITRA MEREK (BRAND IMAGE) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA SEPATU CONVERSE DI TIGARAKSA KABUPATEN TANGERANG. JURNAL JUBISMA, 5(2), 24.

Rofiudin, M., Shabry, M., & Juniarsa, N. (2022). Pengaruh Harga Dan Fitur Layanan Terhadap Minat Beli Konsumen Tokopedia Pasca Covid 19 Di Malang Raya. Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 19(2), 2022.

Rozi, I. A., & Khuzaini. (2021). Pengaruh Harga Keragaman Produk, Kualitas Pelayanan dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Di Marketplace Shopee. Jurnal Ilmu Dan Riset Manaemen, 10, 1–20.

Salsabila, Salwa, O., Arifin, R., & Utama, Putra, S. (2024). Vol. 13. No. 01 ISSN : 2302-7061. E-Jurnal Riset Manajemen, 13(01), 627–638.

Sanjiwani, S. M., & Ketut Westra, I. (2022). Pengaruh Brand Image Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pixy Lip Cream Di PT Mandom Indonesia Tbk Bali Tahun 2022. Arthaniti Studies, 3(2), 104–114. https://doi.org/10.5281/zenodo.7122519

Santoso, A., & Hartini. (2022). PENGARUH BRAND IMAGE DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PEMBELI DAN PENGARUHNYA TERHADAP LOYALITAS. Jurnal EK&BI, 5, 253–259. https://doi.org/10.37600/ekbi.v5i2.639

Sanusi, A. (2021). Metodologi Penelitian Bisnis. Salemba Empat.

Sehangunaung, G. A., Mandey, S. L., & Roring, F. (2023). Analisis Pengaruh Harga, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Aplikasi Lazada Di Kota Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 11(3), 1–11. https://iprice.co.id/insights/mapofecommerce/

Setyaningsih. (2021). Tujuan penetapan harga.

Sinambela, Poltak, L., & Sinambela, S. (2021). Metodologi Penelitian Kuanitatif - Teori Dan Praktik. Rajawali Pers.

Sjukun, Supardin, L., & Taufik, Y. (2022). THE EFFECT OF PRICE AND PROMOTION ON PURCHASE DECISION AT BAKPIA KURNIA SARI. PENANOMICS: INTERNATIONAL JOURNAL OF ECONOMICS, 1(2), 223–230.

Sugiyono. (2023). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN R&D (I. Sutopo (ed.); Vol. 11, Issue 1). ALFABETA, cv. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI

Sujarweni, W. (2022). Metodologi Penelitian. PT. Pustaka baru.

Syamsuri, A. R., Anggraini, C. W., Pratiwi, D. P., Afriliana, S., & Maissy. (2021). Jurnal bisnis mahasiswa. Bisnis Mahasiswa, 215–224.

Tasia, A. A., Sulistyandari, & Kinasih, D. D. (2022). Pengaruh Brand Image, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah Di Pekanbaru. Economics, Accounting and Business Journal, 2(1), 74–85.

Thabroni, G. (2022). Promosi Pengertian, Tujuan, Strategi & Promosi Bauran. Promosi Pengertian, Tujuan, Strategi & Promosi Bauran, 1–14.

Tjiptono, & Fandy. (2020). Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.

Trianasari, N., Sari, P. K., & Prasetio, A. (2025). Peningkatan Kualitas Penelitian di Bidang Kesehatan Melalui Pelatihan Penentuan Teknik Sampling dan Besar Sampel di STFI Bandung. 5(1). https://doi.org/10.59818/jpm.v5i2.1152

Tua, G. V. M., Andri, & Andariyani, I. M. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mesin Pompa Air Submersible Dab Decker Di Cv. Citra Nauli Electricsindo Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(04), 140–154. https://doi.org/10.56127/jukim.v1i04.266

Yahya, A., Nuryakin, & Handayani, S. D. (2024). Brand Image: Theoretical Development and Practical Applications. Asian Journal of Management Analytics, 3(2), 271–282. https://doi.org/10.55927/ajma.v3i2.8504

Yusuf, A. (2021). The Influence of Product Innovation and Brand Image on Customer Purchase Decision on Oppo Smartphone Products in South Tangerang City. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(1), 472–481. https://doi.org/10.33258/birci.v4i1.1629

Unduhan

Diterbitkan

2025-12-01

Cara Mengutip

Safitri, A., Marginingsih, R., & Rohaeni Yulianti, W. (2025). Pengaruh Brand Image dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk L’oréal Melalui Platform E-commerce Shopee. Jurnal Keilmuan Teknologi Informasi Dan Ilmu Manajemen (Justifi), 5(2), 51–56. Diambil dari http://jurnalilmiah.id/index.php/Justifi/article/view/212

Terbitan

Bagian

Articles