Pengaruh Rasio Aktivitas Dan Leverage Terhadap Pertumbuhan Laba Perusahaan Makanan Dan Minuman Tahun 2022-2024

Penulis

  • Sheka Zahara Universitas Bina Sarana Informatika
  • Ratnawaty Marginingsih Universitas Bina Sarana Informatika
  • Wiwit Rohaeni Yulianti Universitas Bina Sarana Informatika

Kata Kunci:

Rasio Aktivitas, Leverage, Pertumbuhan Laba

Abstrak

Pertumbuhan laba merupakan salah satu indikator penting dalam menilai kinerja keuangan perusahaan, karena semakin besar laba yang diperoleh maka semakin baik pula kinerja perusahaan tersebut. Kondisi rasio keuangan yang sehat juga berkontribusi pada peningkatan pertumbuhan laba. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Rasio Aktivitas dan Leverage, baik secara parsial maupun simultan, terhadap pertumbuhan laba. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan analisis statistika. Populasi penelitian mencakup 83 perusahaan subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2022–2024. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling, sehingga diperoleh 39 perusahaan dengan periode pengamatan tiga tahun, menghasilkan total 117 data observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Rasio Aktivitas tidak berpengaruh secara parsial terhadap pertumbuhan laba, demikian pula Leverage tidak memberikan pengaruh parsial terhadap pertumbuhan laba. Selain itu, hasil analisis simultan juga menunjukkan bahwa Rasio Aktivitas dan Leverage secara bersama-sama tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan laba pada perusahaan subsektor makanan dan minuman di BEI.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Amin, A. R. S., Syafaruddin, Muslim, M., & Adil, M. (2022). Pengaruh Rasio Likuiditas, Rasio Leverage, dan Rasio Aktivitas terhadap Pertumbuhan Laba pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Mirai Management, 7(Pengaruh Rasio Likuiditas, Rasio Leverage, dan Rasio Aktivitas terhadap Pertumbuhan Laba pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia), 32–60. https://doi.org/10.37531/mirai.347878.887

Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 1. http://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan

Arigita, N. P. T. A., & Aprilyanti, R. (2024). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Leverage dan Ukuran Perushaan Terhadap Pertumbuhan Laba (Studi Empiris Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2019-2022). Jurnal Akuntansi.

Bahari, S. M., & Setyawan, S. (2022). JISMA+Vol1+No4+597-606+205. Jurnal Ilmu Sosial, Manajemen, dan Akuntansi (JISMA), PENGARUH RASIO KEUANGAN TERHADAP PERTUMBUHAN LABA PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2019-2021, 597–606.

Hajering, & Muslim, M. (2022). Pengaruh Rasio-Rasio Keuangan Terhadap Pertumbuhan Laba. SEIKO : Journal of Management & Business, 4(3), 164–179. https://doi.org/10.37531/sejaman.v4i3.2536

Indaryani, I., Maryono, & Sentosa, A. B. (2022). Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Pertumbuhan Laba Pada Perusahaan Manufaktur Tahun 2019-2021. JURNAL AKUNTANSI PROFESI.

Kusoy, N. A. (2020). PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE DAN RASIO AKTIVITAS TERHADAP PERTUMBUHAN LABA. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 5. 2898-ArticleText-10700-1-10-20201102.pdf

Manurung, Y., & Siagian, A. (2023). PENGARUH DEBT TO EQUITY RATIO (DER), TOTAL ASSET TURNOVER (TATO), DAN NET PROFIT MARGIN (NPM) TERHADAP PERTUMBUHAN LABA PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2016 - 2020. Jurnal Manajemen USNI, 7(2). https://doi.org/10.54964/manajemen

Sapetu, T. C., Ogi, I. W. J., & Samadi, R. L. (2023). PENGARUH BRAND POSITIONING DAN PRODUCT DISPLAY TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF PADA HOLLAND BAKERY TELING MANADO. In 776 Jurnal EMBA (Vol. 11, Issue 4). http://www.google.com

Sehangunaung, G. A., Mandey, S. L., & Roring, F. (2023). ANALISIS PENGARUH HARGA, PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PENGGUNA APLIKASI LAZADA DI KOTA MANADO. Jurnal EMBA, 11(3), 1–11. https://iprice.co.id/insights/mapofecommerce/

Suciana, C., & Hayati, N. (2021). Pengaruh Rasio Keuangan terhadap Pertumbuhan Laba (Studi Kasus Pada Perusahaan Subsektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di BEI Periode 2017-2019). Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 22, 36–49.

Unduhan

Diterbitkan

2025-12-01

Cara Mengutip

Zahara, S., Marginingsih, R. ., & Yulianti, W. R. (2025). Pengaruh Rasio Aktivitas Dan Leverage Terhadap Pertumbuhan Laba Perusahaan Makanan Dan Minuman Tahun 2022-2024. Jurnal Keilmuan Teknologi Informasi Dan Ilmu Manajemen (Justifi), 5(2), 67–72. Diambil dari http://jurnalilmiah.id/index.php/Justifi/article/view/219

Terbitan

Bagian

Articles