Peningkatan Pelayanan Posyandu Delima 1 Paninggilan Utara dengan Media Sosial dan Komunikasi Digital

Penulis

  • Bakhtiar Rifai Universitas Nusa Mandiri
  • Normah
  • Ruhul Amin

Kata Kunci:

Pelayanan Kesehatan, Posyandu, Media Sosial, Komunikasi Digital

Abstrak

Posyandu sebagai garda terdepan dalam pelayanan kesehatan dasar masyarakat, khususnya ibu dan anak, menghadapi tantangan dalam penyebaran informasi, partisipasi masyarakat, dan dokumentasi kegiatan. Melalui kegiatan pengabdian masyarakat ini diharapkan dapat membantu meningkatkan kualitas pelayanan Posyandu Delima 1 Kelurahan Paninggilan Utara melalui optimalisasi penggunaan media sosial dan komunikasi digital untuk meningkatkan kualitas dan kelacaran komunikasi antar kader dan penyebaran informasi kepada masyarakat. Tim pengabdian akan memberikan pelatihan dan pendampingan kepada kader Posyandu mengenai cara efektif menggunakan WhatsApp Group dan mengelola akun media sosial untuk komunikasi antar kader dan penyebaran informasi kepada masyarakat. Diharapkan, kegiatan pengabdian masyarakat ini mampu meningkatkan jangkauan informasi, kesadaran kesehatan masyarakat, serta efisiensi administrasi Posyandu Delima 1 Kelurahan Paninggilan Utara secara berkelanjutan.

Referensi

Destiarni, A., Sebagai, P., Stikip, ), Sakti, C., & Id, M. A. (2024). Posyandu Sebagai Program Pemberdayaan Masyarakat Untuk Mencegah Stunting Pada Balita Di Dusun Tlogo. In Jurnal Pelangi Pendidikan (Vol. 1, Issue 2).

Megawati, G., & Wiramihardja, S. (2019). PENINGKATAN KAPASITAS KADER POSYANDU DALAM MENDETEKSI DAN MENCEGAH STUNTING DI DESA CIPACING JATINANGOR (Vol. 8, Issue 3).

Nurlita, L. D., Fikri Khusnaeli, G., Yohannes Sinaga, R., Zahra Winesti, A., & Khomsah, S. (2023). Digital Transformation of Public Health Data Management Through the Implementation of E-Posyandu in Grujugan Village, Petanahan District, Kebumen Regency. J-Dinamika : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 8(1), 53–60. https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v8i1.3590

Oedojo Soedirham. (2012). Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) sebagai Pendekatan Sosiokultural untuk Isu Pelayanan Kesehatan Dasar. Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional, 5(7), 195–198. https://www.researchgate.net/publication/305299018_Integrated_Services_Post_Posyandu_as_Sociocultural_Approach_for_Primary_Health_Care_Issue

Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan media sosial sebagai media promosi. Jurnal Common, 3(1), 71–80.

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-15

Cara Mengutip

Rifai, B., Normah, & Amin, R. . (2025). Peningkatan Pelayanan Posyandu Delima 1 Paninggilan Utara dengan Media Sosial dan Komunikasi Digital . PRAWARA Jurnal ABDIMAS, 4(3), 69–73. Diambil dari https://jurnalilmiah.id/index.php/abdimas/article/view/163

Terbitan

Bagian

Artikel Terkini