Workshop Pemanfaatan Open Ai Untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Bagi Wali Murid Lembaga Kazama Tambun
Abstrak
- Dalam era digital yang semakin canggih, media visual telah menjadi bagian integral dari banyak bidang kehidupan, termasuk pendidikan, bisnis, penelitian, dan komunikasi publik. Adapun organisasi/lembaga abdimas kali ini dilakukan di Lembaga Kazama Tambun. Permasalahan yang terdapat pada Wali murid siswa Lembaga Kazama Tambun adalah kurangnya pengetahuan tentang penggunaan Open AI untuk membantu proses Proses peningkatan kretivitas belajar siswa bagi Wali murid siswa Lembaga Kazama Tambun, sehingga solusi dari permasalahan tersebut adalah dengan diberikannya Workshop Pemanfaatan Open AI Bagi Wali murid siswa Lembaga Kazama Tambun. Target Luaran yang hendak dicapai adalah peningkatan pengetahuan dan keterampilan bagi wali murid siswa Lembaga Kazama Tambun sehngga bisa membantu proses kreativitas belajar menjadi lebih baik, maka metode pelaksanaan kegiatan abdimas kali ini dilaksanakan dengan datang langsung ke lokasi kegiatan pada hari Sabtu tanggal 03 Mei 2025 jam 08.00 sampai jam 12.00. Hasil yang diharapkan pada kegiatan ini adalah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan bagi wali murid siswa Lembaga Kazama Tambun sehngga bisa membantu proses kreativitas belajar menjadi lebih baik serta diharapkan interaktif antara peserta dari Wali murid siswa Lembaga Kazama Tambun dan panitia pelaksana dalam pelaksanaan pengabdian masyarakat ini agar tercapai tujuan yang diharapkan bersama sehingga berdampak positif dan bisa berkelanjutan. Kami juga mengharapkan kontribusi dari mitra Wali murid siswa Lembaga Kazama Tambun untuk mensosialiasikan mengenai kegiatan workshop ini secara luring tersebut sehingga kegiatan dapat terlaksana sesuai dengan yang diharapkan.
Referensi
Haidir H, Muhamad T, & Roviati R. (2024). Penerapan Chat GPT dalam Pembelajaran Biologi. J Sos Teknol.
Izzhati, D. N., & Rahayu, Y. (2018). Pendampingan Dan Pelatihan Industri Kreatif Ibu - Ibu PKK Di Kelurahan Kerobokan Semarang. ABDIMASKU : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 1(1), 18. https://doi.org/10.33633/ja.v1i1.3
Jumriah J, Susilawati ES, & Supriatna E. (2024). Analysis of the Use of GPT Chat to Improve Student Performance. EDUKASIA J Pendidik Dan Pembelajaran, 36–127.
Nada R, Rifky M, Sulaiman M, Studi P, Tata H, & Syari F. (2025). Pengaruh Penggunaan Chat GPT terhadap Minat Belajar Mahasiswa The Influence of Using GPT Chat on Students. Learning Interest.
Pressman. (2014). Software Quality Engineering (W. Suryn, Ed.). Wiley. https://doi.org/10.1002/9781118830208
Rahaf Faldi MR, Prafitasari AN, & Soelfiah A. (2024). Improving Biology Learning Outcomes Problem-Based Learning Assisted Artificial Intelligence. Biosf J Tadris Biol.
Rohmah SN, & Haqqu R. (2024). The Role of Artificial Intelligence (Chat GPT) in the Development of Technology and Communication. J Teknol Inf Dan Komunikasi, 4–8.
Siska, A. U. (2023). Pelatihan Digitalisasi di Era Teknologi Bagi Kader PKK Desa Lebakgowah. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2, 3.
Tajik E, tajik fatemeh. (2024). A Comprehensive Examination of the Potential Application of Chat GPT in Higher Education Institutions. SSRN Electron J.
Wulandari AA, Ohorella NR, & Nurhaipah T. (2024). Perceived Ease Of Use and User Experience Using Chat GPT. JIKA (Jurnal Ilmu Komun Andalan), 52–75.