Pelatihan Optimasi Digital Marketing Google Map Bisnisku Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Ami Dki Jakarta
Pelatihan Optimasi Digital Marketing Google Map Bisnisku Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Ami Dki Jakarta
Kata Kunci:
Museum, Google bisnisku, AMI JakartaAbstrak
Wabah pandemi nasional atau internasional salah satu sektor yang terkena dampak secara operasional adalah objek wisata dan pariwisata, selama pandemi setiap warga masyarakat dilarang untuk melakukan kegiatan yang berpotensi untuk mengundang kerumunan masyarakat banyak. Hal ini juga yang terjadi dengan museum-museum yang ada di Indonesia terutama museum yang ada di DKI Jakarta. AMI merupakan subuah asosiasi yang menaungi beberapa museum yang ada di Indonesia khususnya di DKI Jakarta. Dengan kondisi pandemi seperti saat ini dan berdasarakan data kungjungan dengan jumlah minat atau ketertarikan masyarakat terhadap museum juga tidak terlalu besar perlu rasanya melakukan peningkatan atau perubahan metode publikasi atau kampanye kegiatan yang berlangsung pada museum. Peran sosial media digital juga sangatlah penting ditengah masa pandemic ini. Salah satu platform atau media digital social yang bisa digunakan adalah Google map bisnisku, dimana kita bisa meningkatkan jumlah minat masyarakat terhadap museum tertunya dengan pembuatan konten photo atau video yang menarik ditambah kekuatan media google map bisnisku, AMI bisa melakukan publikasi berupa kontek yang menarik baik photo dan video melalui google map binsisku untuk menarik minat masyarakat terhadap museum atau kujungan ke museum.
Referensi
B. Lian, “Tanggung Jawab Tridharma Perguruan Tinggi Menjawab Kebutuhan Masyarakat,” Pros. Semin. Nas. Pendidik. Progr. Pascasarj. Univ. PGRI Palembang, vol. 2, pp. 999–1015, 2019.
B. Arianto, W. Warjio, and U. Tarigan, “Kepemimpinan Lurah dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Perangkat Kelurahan,” J. Adm. Publik Public Adm. J., vol. 6, no. 2, p. 107, 2016, doi: 10.31289/jap.v6i2.1050.
Bird, D, Commonsense Direct & Digital Marketing. London : Kogan Page, 2007
D. D. Anggiawan, E. S. Y. Pandie, and M. Boru, “Sistem Informasi Pelayanan Publik Kelurahan Bakunase Kota Kupang Untuk Peningkatan Kualitas Pelayanan Berbasis Web,” J-Icon, vol. 6, no. 2, pp. 8–13, 2018.
Nurhijrah, H. Syam, Syamsidah, and S. Widodo, “Prosiding Seminar Nasional 2019 Prosiding Seminar Nasional 2019 Sinergitas Multidisiplin Ilmu Pengetahuan dan Teknologi , vol . 2 , 2019 , ISSN : 2622-0520,” vol. 2, pp. 26–27, 2019.
M. Ziveria, R. Sefina Samosir, and M. Rusli, “Pelatihan Desain Grafis Menggunakan Perangkat Adobe Photoshop Untuk Manipulasi Foto Bagi Tim Teknologi Informasi YPU,” ABDIMAS J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 1, pp. 1–11, 2020, doi: 10.53008/abdimas.v1i1.21.
Ryan, D & Jones, C, Understanding Digital Marketing : Marketing strategies for engaging the digital generation. London : Kogan Page, 2009.
Suhardi, S., Prasetyo, F., & Ardiansyah, D. (2022). Sosialisasi Bahaya NARKOBA dengan Memanfaatkan Teknologi Sistem Informasi pada Karang Taruna Harapan Bangsa Cikande Karawang. PRAWARA Jurnal ABDIMAS, 1(1), 8-15.
Taufik, A., & Sopandi, R. (2021). Klasifikasi Tweet Influencer Nu Dengan Gnpf-Ulama Menggunakan Naive Bayes Dan Support Vector Machine. CERMIN: Jurnal Penelitian, 5(2), 258 - 276. doi:10.36841/cermin_unars.v5i2.1246
Tabrani, M., Sopandi, R., Fajarudin, A., Suryo, J., Firmansyah, L., & Dzaky, M. (2020). Pemanfaatan Pembelajaran Online Di Tengah Pandemik Covid 19 Kepada Panti Sosial Asuhan Anak Yatim Piatu Nurul Iman Yayasan Yapinuri. Jurnal AbdiMas Nusa Mandiri, 2(1), 25-30. Retrieved from http://ejournal.nusamandiri.ac.id/index.php/abdimas/article/view/1749