Pengembangan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Pjbl (Project Based Learning) di Kelurahan Sempusari Kab Jember

Penulis

  • Fahimatul Anis Universitas Jember
  • Fajar Surya Hutama
  • Prasetyo Adi Nugroho
  • Reva Uvita Shalsabillah

Kata Kunci:

Pendidikan Karakter; Kegiatan Pjbl; Food Bank

Abstrak

Pendidikan karakter adalah upaya penting untuk mencapai tujuan negara, termasuk menciptakan
perdamaian dunia dan kehidupan yang harmonis. Namun, pelaksanaannya sering kali kurang optimal, memerlukan
komitmen dan konsistensi dari pemerintah pusat, daerah, dan satuan pendidikan. Pendidikan karakter perlu
berorientasi pada output yang relevan, memberikan edukasi yang mendidik, dan mendorong rasa saling
menghargai antar warga.Penelitian ini mengeksplorasi pengembangan pendidikan karakter melalui metode
pembelajaran berbasis proyek (PjBL) menggunakan food bank di Universitas Jember. Mahasiswa PGSD diajak
untuk terlibat langsung dalam menangani masalah kemiskinan melalui pendekatan ini, yang memungkinkan
pembelajaran bermakna dan mendalam di masyarakat.Melalui PjBL dengan food bank, mahasiswa dapat
merasakan langsung dampak kerja sama komunitas dan pentingnya saling membantu sesama. Mereka terlibat
dalam aktivitas yang mendorong empati dan tanggung jawab sosial, seperti mengelola, mengumpulkan, dan
mendistribusikan bahan makanan kepada mereka yang membutuhkan. Pengalaman ini membantu
mengembangkan karakter positif, termasuk kepekaan terhadap masalah sosial dan keinginan untuk berkontribusi
pada kesejahteraan masyarakat.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PjBL dengan food bank memiliki
potensi efektif untuk mengembangkan pendidikan karakter di kalangan mahasiswa. Dengan keterlibatan langsung
dalam mengatasi masalah kemiskinan, mahasiswa dapat menginternalisasi nilai-nilai positif seperti solidaritas,
rasa empati, dan kepedulian terhadap sesama.Penelitian ini memberikan wawasan baru tentang cara meningkatkan
implementasi pendidikan karakter dalam konteks pendidikan tinggi. Dengan mengintegrasikan metode PjBL
melalui food bank ke dalam kurikulum, universitas dapat memperkuat komitmen mereka terhadap pendidikan
karakter dan membantu menciptakan generasi muda yang lebih berempati, bertanggung jawab, dan siap
berkontribusi untuk menciptakan masyarakat yang lebih adil dan harmonis

Referensi

Anis, Hutami, N. (2023). Peran Kepala Sekolah , Guru Dan Siswa Dalam Menerapkan Pendidikan Karakter di MI Hidayatul Ulum Kisik 1 Universitas Jember , Jember , Indonesia 2 Universitas Jember , Jember , Indonesia 3 Universitas Jember , Jember , Indonesia * Corresponding author : fa. 6(4), 1587–1596. https://doi.org/10.31949/jee.v6i4.7249

Anis, F., & Adrijanti. (2022). Upaya Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter bagi Peserta didik melalui Kegiatan Keagamaan di SMK Assa’adah Bungah. Paradigma: Jurnal Filsafat, Sains …, 28(November), 1–6. http://ejurnal.budiutomomalang.ac.id/index.php/paradigma/article/view/2407%0Ahttp://ejurnal.budiutomomalang.ac.id/index.php/paradigma/article/download/2407/1557

Kesuma, D. (2012). Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. PT Remaja Rosda Karya.

Mardiati, Y;Leba, K. F. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Melalui Food Bank Pendidikan Kewarganegaraan MKWU. Dirjen Dikti.

Mardiati, Y. (2020). Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar Teori dan Praktik. Laksbang Presindo.

Wijaya, D. (2017). Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Mitra Wacana Media.

Wulandari, H. (2017). Menumbuhkan Pendidikan Karakter Melalui Atikan Purwakarta Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Metodik Didaktik, 13(1). https://doi.org/10.17509/md.v13i1.7688

Unduhan

Diterbitkan

2024-04-30

Cara Mengutip

Anis, F., Hutama, F. S., Nugroho, P. A., & Shalsabillah, R. U. (2024). Pengembangan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Pjbl (Project Based Learning) di Kelurahan Sempusari Kab Jember. PRAWARA Jurnal ABDIMAS, 3(2 April), 31–35. Diambil dari https://jurnalilmiah.id/index.php/abdimas/article/view/97