Pemanfaatan Artificial Intelligence Dalam Menggunakan Aplikasi Chatgpt Untuk Media Pembelajaran
DOI:
https://doi.org/10.63297/abdimas.v3i3.109Kata Kunci:
Artificial Intelligence, ChatGPT, PembelajaranAbstrak
Perkembangan teknologi saat ini mencakup seluruh aspek aktivitas masyarakat, termasuk kegiatan pengabdian masyarakat di Kelurahan Gudang, Kota Bogor. Diperlukan pelatihan yang memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan kinerja para kader, khususnya dalam penggunaan Microsoft Word. Microsoft Word merupakan aplikasi pengolah kata yang paling mudah dan populer untuk membuat laporan dan berbagai dokumen lainnya. Kelurahan Gudang, yang terletak di Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat, memiliki banyak aktivitas yang memerlukan pelaporan. Namun, kurangnya pengetahuan mengenai teknologi dan minimnya pelatihan untuk mendukung keterampilan tersebut menyebabkan kesulitan dalam menyusun laporan kegiatan.Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan tersebut melalui kegiatan pelatihan bagi masyarakat Kelurahan Gudang dalam penggunaan Microsoft Word. Pelatihan ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan motivasi kepada para kader untuk meningkatkan keahlian mereka di bidang teknologi, khususnya dalam penyusunan laporan kegiatan. Dengan demikian, diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan kualitas laporan aktivitas di kelurahan tersebut.Respon positif dan partisipasi aktif dari masyarakat sangat penting untuk keberhasilan program ini. Melalui pendekatan yang sistematis dan terstruktur, pelatihan ini akan memberikan manfaat jangka panjang dalam meningkatkan kinerja dan produktivitas para kader di Kelurahan Gudang, Kota Bogor. Dengan peningkatan kompetensi di bidang teknologi, para kader dapat lebih efektif dalam menjalankan tugas-tugas administratif dan melaporkan aktivitas mereka, sehingga mendukung perkembangan dan kemajuan kelurahan secara keseluruhan.
Referensi
H. A. Mumtaha and H. A. Khoiri, “Analisis Dampak Perkembangan Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0 Pada Perilaku Masyarakat Ekonomi (E-Commerce),” J. PILAR Teknol. J. Ilm. Ilmu Ilmu Tek., vol. 4, no. 2, 2019, doi: 10.33319/piltek.v4i2.39.
T. Hidayat and A. Kosasih, “ANALISIS PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 22 TAHUN 2016 TENTANG STANDAR PROSES PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH SERTA IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SEKOLAH,” Muróbbî J. Ilmu Pendidik., vol. 3, no. 1, pp. 45–69, 2019, doi: 10.52431/murobbi.v3i1.172.
S. Kuntari, “Pemanfaatan Media Digital dalam Pembelajaran,” Pros. Semin. Nas. Fak. Tarb. dan Ilmu Kegur. IAIM Sinjai, vol. 2, pp. 90–94, 2023, doi: 10.47435/sentikjar.v2i0.1826.
H. Zaini and K. Dewi, “PENTINGNYA MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK ANAK USIA DINI,” Raudhatul Athfal J. Pendidik. Islam Anak Usia Dini, vol. 1, no. 1, pp. 81–96, 2017, doi: 10.19109/ra.v1i1.1489.
R. J. NAIMAH, M. W. WARDHANA, R. HARYANTO, and A. PEBRIANTO, “Penerapan Digital marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM,” J. IMPACT Implement. Action, vol. 2, no. 2, p. 39, 2020, doi: 10.31961/impact.v2i2.844.
Zanuar Rifai and D. Meiliana, “Pendampingan Dan Penerapan Strategi Digital Marketing Bagi Umkm Terdampak Pandemi Covid-19,” BERNAS J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 4, pp. 604–609, 2020, doi: 10.31949/jb.v1i4.540.
SOPANDI, R., LASE, M., KOM, M., QOMARUDDIN, M., LASE, A. S., ARSIN, M., PATI, R. A. K., HADI, D. A., &
RAMADHAN, R. (n.d.). Pelatihan Design Keterampilan Photoshop Untuk Meningkatkan Kreatifitas Informasi Pelayanan Publik Pada Kelurahan Karangpawitan.
Suhardi, S., Prasetyo, F., & Ardiansyah, D. (2022). Sosialisasi Bahaya NARKOBA dengan Memanfaatkan Teknologi Sistem Informasi pada Karang Taruna Harapan Bangsa Cikande Karawang. PRAWARA Jurnal ABDIMAS, 1(1), 8–15.