Optimalisasi Peran Mahasiswa dalam Pemberdayaan UMKM Desa Pulopancikan Demi Pencapaian SDGS
Kata Kunci:
digital marketing, legalitas, umkmAbstrak
UUMKM adalah kelompok usaha atau bisnis yang dijalankan oleh individu, kelompok, rumah tangga, maupun juga badan usaha kecil dengan tujuan memperluas lapangan pekerjaan serta memberi pelayanan ekonomi kepada masyarakat secara luas. Digital marketing adalah kegiatan promosi dan pencarian pasar melalui media digital secara online dengan memanfaatkan berbagai sarana misalnya jejaring sosial. Diera digital saat ini UMKM juga harus memasarkan produknya secara digital selain untuk menjangkau pasar yang lebih luas, namun sebagai upaya agar tetap dapat bersaing dengan para pelaku usaha yang lain. Selain digital marketing pembukuan juga sangat penting untuk berlangsungnya usaha, Pembukuan tidak hanya digunakan oleh perusahaan besar saja. Justru UMKM juga sangat membutuhkan adanya pembukuan bisnisnya. Dan tak lupa Legalitas usaha adalah suatu hal yang sangat penting dalam memulai dan menjalankan sebuah bisnis. Hal ini bertujuan untuk mendapat perlindungan hukum dalam Dengan demikan, melalui kegiatan KKN yang mengusung tercapainya SDGs bagi masyarakat, terdapat beberapa sasaran program yang dapat dilakukan di Desa Pulopancikan salah satunya adalah Sosialisasi Digital Marketing, Pembukuan Usaha, dan Legalitas Usaha di Desa Pulopancikan Kecamatan Gresik Kabupaten Gresik
Referensi
Badan Pusat Statistik. (2021). https://www.bps.go.id/
bapenas. (n.d.). Bapenas statistika sosial.
Chaffey, D., & Smith, P. R. (2013). eMarketing eXcellence: Planning and optimizing your digital marketing. Routledge.
Hakim, L. (2019). Pelatihan Pemasaran Online Berbasis Marketplace Bagi UMKM Dalam Merespon Perubahan Perilaku Konsumen. LOYALITAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 74–91.
Kurnia, A. W., Sundari, S., & Purwanto, D. A. (2020). Implementasi Kebijakan Cadangan Pangan Nasional dalam Kondisi Keadaan Darurat di Badan Ketahanan Pangan Guna Mendukung Pertahanan Negara. Manajemen Pertahanan: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Manajemen Pertahanan, 6(1).
Novitasari, A. T. (2022). Kontribusi umkm terhadap pertumbuhan ekonomi era digitalisasi melalui peran pemerintah. JABE (Journal of Applied Business and Economic), 9(2), 184–204.
Purborini, V. S., & Harsanty, T. D. (2024). SOSIALISASI PENTINGNYA LEGALITAS UMKM DALAM BERWIRAUSAHA DI KABUPATEN SUKOHARJO. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(4), 6627–6634.
Suhardi. (2019). PENGARUH GAYA HIDUP, DEMOGRAFI DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN. PERSPEKTIF, 17(1), 93–103.