Pelatihan Digital Marketing Menggunakan Aplikasi Tiktok Pada Karang Taruna Tunas Mandiri Desa Sukaharja Bogor
DOI:
https://doi.org/10.63297/abdimas.v1i1.13Kata Kunci:
Digital Marketing, Aplikasi Tiktok, PelatihanAbstrak
Karang Taruna sebagai organisasi sosial kemasyarakatan dan wadah dan sarana pengembangan setiap anggota masyarakat yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan tanggung jawab sosial. Dalam peraturan mentri sosial 83/HUK/2005 tentang pedoman dasar karang taruna Salah satu tujuan Karang taruna adalah mewujudkan kesejahteraan sosial yang semakin meningkat bagi generasi muda di Desa/Kelurahan. Melatih para pemuda anggota karang taruna Desa Sukaharja menguasai teknik pemasaran digital melalui Aplikasi media sosial sebagai wujud nyata usaha para anggota karang taruna untuk menjadi entrepreneur yang faham teknologi pemasaran digital yang saat ini sedang tren saat ini salah satunya adlah aplikasi Tiktok. Pelanggan atau customer merupakan salah satu hal penting dalam suksesnya sebuah bisnis. Membangun kedekatan yang baik dengan pelanggan tentunya sangat penting, manfaat digital marketing yang berikutnya adalah dapat menjadi sarana penghubung yang baik dengan konsumen. Mengingat media yang digunakan dalam pemasaran digital memungkinkan terjadinya percakapan melalui dunia maya, maka batasan ruang dan waktu akan menjadi lebih kecil dan keakraban antara penjual dan pelanggan pun bisa semakin mudah terjalin. Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Bina Sarana Informatika tertarik melakukan pelatihan kepada para pemuda anggota karang taruna dengan tema Pelatihan Digital Marketing Menggunakan Aplikasi Tiktok Pada Karang Taruna Tunas Mandiri Desa Sukaharja Bogor. Metode pelatihan dilakukan secara daring melalui aplikasi zoom. Target capaian yang diharapkan adalah Memberikan pemahaman tentang Aplikasi Tiktok dan Memberikan langkah-langkah dalam melakukan penerapan marketing untuk bisnis digital menggunakan aplikasi tiktok
Referensi
Abdulhakim, A. (2019). Memahami Pengalaman Komunikasi Orang Tua– Anak Ketika Menyaksikan Tayangan Anak-anak di Media Sosial Tik Tok (Doctoral dissertation, Faculty of Social and Political Science).
Bulele, Y. N. (2020, November). Analisis Fenomena Sosial Media dan Kaum Milenial: Studi Kasus Tiktok. In Conference on Business, Social Sciences and Innovation Technology (Vol. 1, No. 1, pp. 565-572).
Maulida, N., Tabrani, M., Suhardi, S., & Sopandi, R. (2021). Penerapan Metode Waterfall pada Sistem Informasi SILaundry Berbasis Website. Jurnal Keilmuan Teknologi Informasi dan Ilmu Manajemen (Justifi), 1(1), 1-9.
Peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia Nomor: 23 Tahun 2013 tentang Pemberdayaan Karang Taruna, Pasal 1 angka (1).
Ramadhan, Ilham Hilak. Pratama, Ryan. Zuhaida, Az.Akalili, Awanis. Kulau, Febriansyah. (2021). Analisis Teknik Digital Marketing pada Aplikasi Tiktok. Socia Jurnal Ilmu-ilmu Sosial. Vol 18 Np, ` Juni 2021. ISSN 1829-5797.
Rasyid, M. H. (2020). Pembelajaran Puisi Secara Daring Dengan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi (Tik Tok) Kelas X Sma Negeri 3 Pati. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS)
Rustandi, Didi & Oktaviani, Femi. (2018). Implementasi Digital Marketing dalam Membangun Brand Awareness. Profesi Humas. Volume 3 No. 1, 1-20.
Suhardi, S. (2019). PENGARUH GAYA HIDUP, DEMOGRAFI DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN. Jurnal Perspektif, 17(1), 96-103.
Suhardi, S., Widyastuti, T., Bisri, B., & Prabowo, W. (2019). Forecasting Analysis Of New Students Acceptance Using Time Series Forecasting Method. Jurnal Akrab Juara, 4(5), 10-23.
Swastha, Bashu dan T. Handoko, 2005. “Manajemen Pemasaran Moderen”, BPFE, Yogyakarta.
Tabrani, M., Suhardi, S., & Priyandaru, H. (2021). SISTEM INFORMASI MANAJEMEN BERBASIS WEBSITE PADA UNL STUDIO DENGAN MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODEIGNITER. JURNAL ILMIAH M-PROGRESS, 11(1).