Pelatihan Artificial Intelligence untuk Inovasi, Kreativitas, dan Keberlanjutan di Industri Kreatif bagi Santri Yayasan Raudhah Syarifah

Penulis

  • Nurul Ichsan Universitas Bina Sarana Informatika
  • Walim Universitas Bina Sarana Informatika
  • Salman Alfarisi Universitas Bina Sarana Informatika
  • Royadi Universitas Bina Sarana Informatika

Kata Kunci:

Pelatihan AI, Inovasi industri kreatif, Santri Yayasan Raudhah Syarifah.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi potensi pelatihan Artificial Intelligence (AI) untuk mendukung inovasi, kreativitas, dan keberlanjutan di industri kreatif bagi santri Yayasan Raudhah Syarifah. Dengan dunia yang terus bergerak menuju digitalisasi, kemampuan AI dapat menjadi alat yang berharga dalam meningkatkan kualitas dan produktivitas industri kreatif. Pelatihan ini didesain untuk memberi pemahaman mendalam tentang konsep AI dan aplikasinya dalam sektor kreatif. Metode penelitian ini meliputi persiapan pelatihan, pelaksanaan, dan evaluasi hasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan AI mampu meningkatkan pengetahuan santri mengenai AI dan mendorong mereka untuk menerapkan teknologi tersebut dalam karya kreatif mereka. Selain itu, pelatihan ini memberikan peluang bagi santri untuk mengembangkan proyek-proyek yang berkelanjutan, yang berpotensi berdampak positif pada industri kreatif lokal. Studi ini berkontribusi pada literatur yang ada tentang penggunaan AI dalam pendidikan dan industri kreatif, serta menawarkan pandangan baru tentang bagaimana institusi pendidikan dapat mendukung siswa dalam memanfaatkan teknologi untuk berinovasi dan berkreasi.

Referensi

Annafi Franz, Maria, E., Suswanto, Yulianto, B., Rachmadani, E., Junirianto, E., et al. (2023). Pelatihan Penerapan Artificial Intelligence (AI) untuk Menunjang Aktivitas Pembelajaran pada Sekolah Dasar Daarul Hijrah Al Amin Samarinda. JLP Jurnal Lentera Pengabdi, 1(4), 1–9.

Annas, A. N., Wijayanto, G., Cahyono, D., Safar, M., & Ilham, I. (2024). Pelatihan Teknis Penggunaan Aplikasi Artificial Intelligences (AI). Jurnal Human Educators, 4(1), 332.

Hakeu, F., Febrianto, Pakaya, I. I., Djahuno, Ridwanto, & Zakarina, et al. (2023). Workshop Media Pembelajaran Digital Bagi Guru Dengan Teknologi AI (Artificial Intelligence). Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(2), 1–14.

Hanila, S., Afif Alghaffaru, M., Ekonomi, F. P., & Manajemen, P. (2023). Pelatihan Penggunaan Artificial Intelligence (AI) Terhadap Perkembangan Teknologi Pada Pembelajaran Siswa SMA 10 Sukarami Kota Bengkulu. Jurnal Dehasen Mengabdi, 2(2), 221–226.

Kaswar, A. B., Nurjannah, Arsyad, M., Surianto, D. F., & Rosidah. (2023). Membangun Keterampilan Pendidik Melalui Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Artificial Intelligence. Vokatek Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 293–297.

Maulana, M. S., Nurmalasari, W., Widianto, S. R., Safitri, S. D. A., & Maulana, R. (2023). Pelatihan Chat GPT sebagai Alat Pembelajaran Berbasis Artificial Intelligence di Kelas. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat JOTIKA, 3(1), 16–19.

Mardikawati, B., Diharjo, N. N., Widyatiningtyas, R., Gandariani, T., & Widarman, A. (2023). Pemanfaatan Artificial Intelligence dan Mendeley untuk Penyusunan Karya Ilmiah: Pelatihan Interaktif Berbasis Teknologi. Community Development Journal, 4(6), 11453–1162.

Sabella, B., Rhomadhona, H., & Rusadi Arrahimi, A. (2023). Pelatihan Pembuatan Game Sederhana Sebagai Media Pembelajaran Untuk Pengajar SMP Berbasis Artificial Intelligence. Jurnal Widya Laksmi Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(2), 69–76.

Saudagar, F., & Sadikin, A. (2023). Pelatihan Teknologi Artificial Intelligences (AI) bagi mahasiswa magang kependidikan MBKM FKIP Universitas Jambi. Jurnal JUPEMA, 2(2), 45–51.

Widasari, E. R., Fitriyah, H., Utaminingrum, F., & Primananda, R. (2023). Pelatihan Pengenalan Dan Penerapan Teknologi Artificial Intelligence Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru SMK Negeri 5 Kota Malang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknologi Informasi dan Informasi, 2(1), 29–34.

Unduhan

Diterbitkan

2024-04-30

Cara Mengutip

Ichsan, N., Walim, W., Alfarisi, S. ., & Royadi, R. (2024). Pelatihan Artificial Intelligence untuk Inovasi, Kreativitas, dan Keberlanjutan di Industri Kreatif bagi Santri Yayasan Raudhah Syarifah. PRAWARA Jurnal ABDIMAS, 3(2 April), 36–42. Diambil dari https://jurnalilmiah.id/index.php/abdimas/article/view/98