Pemanfaatan Business Model Canvas Pada PKBM Nurul Furqon Karawang
Kata Kunci:
Business Model Canvas, PKBM, UMKM, Model Bisnis, Pengabdian MasyarakatAbstrak
Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan warga belajar PKBM Nurul Furqon dalam menerapkan Business Model Canvas (BMC) sebagai alat perencanaan bisnis yang sederhana, sistematis, dan aplikatif. Melalui pelatihan berbasis teori dan praktik, peserta diperkenalkan pada konsep fundamental bisnis, sembilan elemen BMC, serta integrasi teknologi informasi dalam pengembangan model usaha. Penyampaian materi dilakukan melalui pemaparan, diskusi interaktif, simulasi penyusunan BMC, dan pendampingan langsung dalam merancang model bisnis sesuai kebutuhan peserta. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa pelatihan ini memperoleh tingkat kepuasan yang tinggi dari peserta, di mana aspek informasi kegiatan mendapatkan skor rata-rata 4,06 dan aspek kualitas penyampaian narasumber memperoleh skor 4,39. Peserta juga memberikan penilaian sangat baik terhadap relevansi tema, manfaat kegiatan, dan peningkatan wawasan terkait strategi bisnis dan pemanfaatan teknologi digital.Selain itu, peserta menilai bahwa pelatihan ini mampu memberikan solusi terhadap kendala yang mereka hadapi dalam merancang dan mengembangkan perencanaan usaha. Integrasi teknologi digital, seperti penggunaan media sosial dan platform pemasaran online, dipandang sebagai aspek penting yang dapat meningkatkan daya saing usaha mikro berbasis komunitas. Secara keseluruhan, kegiatan pengabdian masyarakat ini terbukti efektif dalam meningkatkan literasi bisnis dan kemampuan perencanaan strategis bagi warga belajar PKBM. Pelatihan ini diharapkan dapat menjadi langkah awal yang berkelanjutan untuk mendukung kemandirian ekonomi peserta melalui penerapan model bisnis yang lebih terstruktur, adaptif, dan relevan dengan perkembangan teknologi saat ini.
Referensi
G. C. Mahardika, A. Rachmi, P. Studi, D. M. Pemasaran, J. A. Niaga, and P. N. Malang, “Strategi Pengembangan Usaha Menggunakan Pendekatan Business Model Canvas pada UMKM Four Sibling Kota Malang,” vol. 1, no. 5, pp. 2622–2627, 2025.
V. P. Rahayu, R. F. Astuti, and A. T. Sandy, “Analisis SWOT dan Business Model Canvas ( BMC ) Sebagai Solusi dalam Menentukan Strategi Pengembangan Usaha Kuliner,” vol. 6, pp. 112–121, 2022.
M. P. Bagindo, B. Sanim, and T. Saptono, “Model Bisnis Ekowisata di Taman Nasional Laut Bunaken dengan Pendekatan Business Model Canvas,” Manaj. IKM J. Manaj. Pengemb. Ind. Kecil Menengah, vol. 11, no. 1, pp. 80–88, 2016, doi: 10.29244/mikm.11.1.80-88.
N. Ismiati, D. Pendekatan, D. Harjanti, N. K. Marchyta, S. Hermawan, and R. Lim, “Pendampingan Penyusunan Business Model Canvas Pada UMKM,” vol. 5, pp. 18–25, 2024.
F. Mulia, “PEMANFAATAN TEKNOLOGI DIGITAL PADA UMKM ( STUDI PENGGUNAAN INTERNET PADA PPKM KABUPATEN BANDUNG ),” vol. 4, no. 2, pp. 15–25, 2019.
