Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Platform Informasi Berbasis Digital

Penulis

  • Muhamad Tabrani Universitas Bina Sarana Informatika
  • feri prasetyo Universitas Bina Sarana Informatika
  • Suhardi Universitas Bina Sarana Informatika
  • Dede Nurrahman Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.63297/abdimas.v2i4.81

Abstrak

Pengabdian masyarakat ini membahas pemanfaatan media sosial sebagai platform informasi berbasis digital bagi Forum Komunikasi Rukun Warga (FKRW) Kelurahan Teluk Pucung Kota Bekasi. Kelurahan Teluk Pucung adalah salah satu wilayah yang terletak di Kota Bekasi dan memiliki FKRW yang bertujuan untuk memajukan kualitas hidup masyarakat. Dalam era digital, media sosial menjadi salah satu alat komunikasi yang efektif dan memainkan peran penting dalam mendukung inisiatif komunitas lokal seperti FKRW. Pengabdian masyarakat ini menggunakan metode kualitatif dengan wawancara mendalam dan observasi sebagai teknik pengumpulan data. Temuan utama Pengabdian masyarakat ini adalah bahwa media sosial telah menjadi platform yang sangat berguna bagi FKRW Kelurahan Teluk Pucung. Dalam konteks ini, media sosial digunakan untuk menginformasikan kegiatan, mempromosikan program, dan berkomunikasi dengan anggota komunitas secara efisien. Selain itu, media sosial juga memungkinkan FKRW untuk berinteraksi dengan pihak berwenang, seperti pemerintah daerah, sehingga aspirasi dan masalah masyarakat dapat dengan mudah disampaikan. Pengabdian masyarakat ini memberikan kontribusi penting dalam pemahaman tentang peran media sosial sebagai alat komunikasi dalam konteks komunitas lokal, serta mengidentifikasi faktor-faktor yang dapat meningkatkan efektivitas pemanfaatan media sosial oleh FKRW. Hasil Pengabdian masyarakat dapat memberikan panduan bagi komunitas serupa dalam memanfaatkan media sosial untuk meningkatkan partisipasi dan kualitas hidup masyarakat

Referensi

Ainiyah, Nur. 2018. “Remaja Millenial Dan Media Sosial: Media Sosial Sebagai Media Informasi Pendidikan Bagi Remaja Millenial.” Jurnal Pendidikan Islam Indonesia 2(2): 221–36.

Carell, Yusuf Ricky, and Lis Zuhriyah. 2021. Digital Leadership: Peran Pemimpin Di Era Digital Pasca Pandemi. Digital Optima Integra.

Goodstat. 2022. “Platform Medsos Paling Banyak Digunakan Orang Indonesia 2022.” goodstat.id. https://goodstats.id/.

Meilinda, Nurly. 2018. “Social Media on Campus: Studi Peran Media Sosial Sebagai Media Penyebaran Informasi Akademik Pada Mahasiswa Di Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UNSRI.” The Journal of Society and Media 2(1): 53–64.

Nurussofiah, Febi Fatlika, Ummul Karimah, Siti Khodijah, and Ulil Hidayah. 2022. “Penerapan Media Sosial Sebagai Media Pemasaran Online Di Era Globalisasi.” DEVELOPMENT: Journal of Community Engagement 1(2): 127–43.

Pahleviannur, Muhammad Rizal et al. 2022. Metodologi Penelitian Kualitatif. Pradina Pustaka.

Rukajat, Ajat. 2018. Pendekatan Penelitian Kualitatif (Qualitative Research Approach). Deepublish.

Suhardi. 2019. “PENGARUH GAYA HIDUP, DEMOGRAFI DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN.” PERSPEKTIF 17(1): 93–103.

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-30

Cara Mengutip

Tabrani, M., prasetyo, feri, Suhardi, S., & Nurrahman, D. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Platform Informasi Berbasis Digital. PRAWARA Jurnal ABDIMAS, 2(4), 129–135. https://doi.org/10.63297/abdimas.v2i4.81

Terbitan

Bagian

Artikel Terkini

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama