Membangun Karakter Anak Dengan Public Speaking untuk Generasi Muda Berdaya Saing

Penulis

  • Suhardi Universitas Bina Sarana Informatika

Kata Kunci:

Pengabdian Masyarakat, Pengembangan karakter, Public Speaking

Abstrak

Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk menginvestigasi dampak  pengajaran public speaking pada pembangunan karakter anak-anak sebagai langkah menuju generasi yang berkualitas. Dalam era saat ini, tantangan perilaku negatif di kalangan pelajar, seperti kurangnya percaya diri, kurangnya kemampuan berbicara di depan umum, dan berbagai perilaku merugikan lainnya, menunjukkan kebutuhan mendesak akan pengembangan karakter yang kuat. Fokus penelitian ini adalah mengintegrasikan teknik public speaking dalam pendidikan karakter di tingkat pendidikan dasar. Dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan desain penelitian eksperimental di beberapa sekolah dasar yang berpartisipasi. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Pengajaran public speaking diterapkan melalui program ekstrakurikuler dan disesuaikan dengan kurikulum pendidikan karakter yang ada. Penilaian karakter dilakukan sebelum dan setelah program melalui skala penilaian perilaku dan observasi.Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa pengajaran public speaking memiliki dampak positif dalam pembangunan karakter anak-anak. Partisipan yang mengikuti program menunjukkan peningkatan dalam keterampilan berbicara di depan umum, kepercayaan diri yang lebih baik, kemampuan bekerja dalam tim, dan sikap yang lebih positif. Selain itu, mereka juga menunjukkan peningkatan dalam mengelola emosi, menghargai pendapat orang lain, dan menunjukkan etika yang baik dalam berkomunikasi.

Referensi

Amalia, A. N. (2022). Teknik Berbicara di Depan Umum (Public Speaking) dan Negosiasi. Penerbit NEM.

Kosasih, K., Putro, M. Z. A. E., & Mardamin, A. (2021). Kepemimpinan Lokal, Moderasi Beragama Dan Pembangunan Berkelanjutan Di Purwakarta. Penamas, 34(2), 221–242.

Krisbiantoro, B., Pujiani, T., Sukmawati, I. D., Soali, M., Kristanto, B., & Putri, D. (2023). Pelatihan Peningkatan Kemampuan Public Speaking bagi Siswa-Siswi SMA dan SMK di Kabupaten Banyumas. Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 30–40.

Manurung, M. M., & Rahmadi, R. (2017). Identifikasi faktor-faktor pembentukan karakter mahasiswa. JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia), 1(1), 41–46.

Riadin, A., & Permadi, A. S. (2019). Implementasi Pembelajaran PKn untuk Membentuk Pribadi yang Berkarakter di SD Muhammadiyah Sampit: Implementation of PKn Learning to Shape Character Personality at Muhammadiyah Elementary School Sampit. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 14(1), 18–28.

Tabrani, M., & Priyandaru, H. (2021). Application of the Rapid Application Development Method to the BAZNAS Zakat Receipt Information System in Karawang. Jurnal Teknologi Dan Open Source, 4(1), 78–84.

Yaumi, M. (2016). Pendidikan karakter: landasan, pilar & implementasi. Prenada Media.

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-30

Cara Mengutip

Suhardi, S. (2024). Membangun Karakter Anak Dengan Public Speaking untuk Generasi Muda Berdaya Saing . PRAWARA Jurnal ABDIMAS, 3(1 JANUARI), 1–6. Diambil dari http://jurnalilmiah.id/index.php/abdimas/article/view/96

Terbitan

Bagian

Artikel Terkini