Pemanfaatan Artificial Intelligence Menggunakan Canva Dalam Meningkatkan Kreatifitas Digital Era Modern Pada Siswa Didik Yayasan Sekar Mandiri Ta’awun

Penulis

  • Suhardi Universitas Bina Sarana Informatika
  • Widya Apriliah Universitas Bina Sarana Informatika
  • Muhamad Tabrani Universitas Bina Sarana Informatika
  • Eka Fitriani Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.63297/abdimas.v3i4.122

Kata Kunci:

kecerdasan BuatanPendidikan, Canva Kreativitas Digital, PeningkatanKeterampilan Digital

Abstrak

Pemanfaatan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) semakin relevan dalam mendukung berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam meningkatkan kreativitas digital. Artikel ini membahas program pengabdian masyarakat bertajuk "Pemanfaatan Artificial Intelligence Menggunakan Canva dalam Meningkatkan Kreativitas Digital Era Modern pada Siswa Didik Yayasan Sekar Mandiri Ta’awun." Program ini bertujuan untuk memperkenalkan dan mengajarkan penerapan AI dalam desain grafis menggunakan platform Canva kepada siswa Yayasan Sekar Mandiri Ta’awun.Kegiatan ini dirancang untuk memberikan pemahaman dasar mengenai konsep AI dan aplikasinya dalam desain grafis. Melalui pendekatan praktis, siswa diperkenalkan pada fitur-fitur AI di Canva, seperti penyesuaian otomatis ukuran desain, penghapusan latar belakang, hingga saran desain berbasis AI. Sesi praktik langsung memungkinkan siswa menghasilkan proyek desain yang kreatif dan relevan dengan kebutuhan digital masa kini.Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan kemampuan siswa dalam memanfaatkan teknologi digital secara kreatif. Selain itu, program ini berhasil memotivasi siswa untuk lebih terbuka terhadap perkembangan teknologi dan mempersiapkan diri menghadapi tantangan era digital. Dengan demikian, pengenalan AI dalam konteks kreatif digital tidak hanya meningkatkan keterampilan desain siswa tetapi juga membentuk pola pikir inovatif yang adaptif terhadap perubahan zaman.Program ini diharapkan menjadi langkah awal yang inspiratif bagi pengembangan potensi siswa di bidang kreatif digital. Hal ini juga menjadi bukti nyata bahwa integrasi AI dalam pendidikan mampu menciptakan peluang baru untuk generasi muda dalam memanfaatkan teknologi untuk kebutuhan praktis dan profesional di masa depan

Referensi

Apriliah, W., Tabrani, M., & Ermawati, E. (2023). Pemanfaatan Paltform Canva Dalam Meningkatkan Kemampuan Tehnologi Komputer Untuk Staff UPTD Puskesmas Karawang. PRAWARA Jurnal ABDIMAS, 2(1), 18–24.

Canva. (2023). Canva Unnual 2023. Canva User Unnual Report 2023.

IBM. (2022). Bussines With AI. IBM.

Sadriani, A., Ahmad, M. R. S., & Arifin, I. (2023). Peran Guru Dalam Perkembangan Teknologi Pendidikan di Era Digital. Seminar Nasional Dies Natalis 62, 1, 32–37.

Statista. (2023). Statista. Global Corpotate in Artificial Inteligence Dekade.

Tabrani, M., Suhardi, S., & Nurrahman, D. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Platform Informasi Berbasis Digital. PRAWARA Jurnal ABDIMAS, 2(4 NOVEMBER), 129–135.

Wibowo, H. S. (2023). CANVA: Panduan Lengkap Untuk Desain Grafis Dengan Cepat Dan Mudah. Hamid Sakti Wibowo.

Unduhan

Diterbitkan

2024-11-30

Cara Mengutip

Suhardi, S., Apriliah, W., Tabrani, M. ., & Fitriani, E. . (2024). Pemanfaatan Artificial Intelligence Menggunakan Canva Dalam Meningkatkan Kreatifitas Digital Era Modern Pada Siswa Didik Yayasan Sekar Mandiri Ta’awun . PRAWARA Jurnal ABDIMAS, 3(4), 126–131. https://doi.org/10.63297/abdimas.v3i4.122

Terbitan

Bagian

Artikel Terkini

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama