Penggunaan Canva dalam Pemberdayaan Anak Didik melalui Desain Poster:Studi Kasus Komunitas Peduli Pendidikan Anak Jalanan Kota Bogor

Penulis

  • Arfhan Prasetyo Universitas Nusa Mandiri
  • Ishak Kholil Universitas Nusa Mandiri
  • Ani Oktarini Sari Universitas Nusa mandiri
  • Sidik Universitas Nusa mandiri

Kata Kunci:

Canva, Desain poster, komunitas pendidikan

Abstrak

Artikel ini menyajikan hasil dari program pengabdian kepada masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman anak jalanan tentang pentingnya pendidikan. Anak jalanan adalah salah satu kelompok masyarakat yang rentan di Kota Bogor, dan mereka menghadapi masalah besar untuk mendapatkan pendidikan yang layak. Studi ini melihat bagaimana pelatihan desain Canva membantu anak jalanan di Komunitas Pendidikan Bogor. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan desain grafis dan kreativitas anak jalanan serta meningkatkan kesadaran mereka akan pentingnya pendidikan.  Penelitian ini melibatkan anak jalanan yang mengikuti pelatihan selama delapan minggu. Hasilnya menunjukkan bahwa peserta belajar membuat poster pendidikan yang kreatif dan informatif berkat pelatihan ini.  berbicara tentang manfaat pelatihan Canva terhadap peserta dan komunitas, serta bagaimana penelitian ini akan berdampak pada rencana masa depan untuk pemberdayaan anak jalanan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelatihan desain Canva dapat menjadi alat yang berguna untuk meningkatkan keterampilan dan kesadaran pendidikan anak jalanan.  program pelatihan desain Canva adalah cara yang bagus untuk membantu anak-anak jalanan di Komunitas Pendidikan Bogor. Kita dapat membantu anak jalanan memiliki masa depan yang lebih cerah dan mengurangi masalah pendidikan di komunitas mereka dengan melibatkan mereka dalam aktivitas kreatif dan edukatif. Artikel ini dapat berfungsi sebagai panduan untuk upaya serupa yang dilakukan oleh komunitas lain yang menghadapi masalah serupa.

 

Referensi

Darmawan, Adi, Patria Laksamana, Saripudin, S. (2022). Pelatihan Online Content Marketing dan Desain Bagi Pemula Dengan Menggunakan Aplikasi Canva. Jurnal Pengabdian Kepada …, 39–44. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=2822418&val=25290&title=A LITERASI KEUANGAN SYARIAH BAGI UMKM SEBUAH SOLUSI MEMPEROLEH MODAL USAHA

E.Budiarti, A. Susanti, Elliza , E Purwanti, M Marlena Naif, Nureda, R. U. S. (2013). Pemanfaatan Aplikasi Canva sebagai Video Pembelajaran untuk mengenalkan Konsep Bilangan Kelompok Usia 4-5 Tahun di TK Ceria Kabupaten Pasuruan. NBER Working Papers, 09(September), 89. http://www.nber.org/papers/w16019

Hidayati, F. T., & Utsman, U. (2019). Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Aktivitas Belajar Terhadap Kemandirian Anak Rentan Jalanan Semarang. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 3(1), 27–35. https://doi.org/10.15294/pls.v3i1.22730

Khoirunnisa, K., Ratna, E., & Irawati, I. (2020). Perlindungan Hukum Anak Terlantar Atas Hak Anak Mendapatkan Jaminan Kesehatan. Notarius, 13(2), 546–556. https://doi.org/10.14710/nts.v13i2.31073

Magfirah, N., Djunur, L. H., & Thahir, R. (2023). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Dengan Aplikasi Canva for Edu. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 776–783. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v4i1.2631

Ramadhan, I., Ulfah, M., Prancisca, S., T, A. Y., Febrianti, U. R., & Wahyudi, A. (2023). Jurnal Pengabdian UNDIKMA: Pelatihan Peningkatan Keterampilan Belajar Peserta Didik Menggunakan Aplikasi Canva Di Sekolah Perbatasan Indonesia-Malaysia, 4(3), 525–532.

Sumarjoko, & Nurahmah, F. (2020). Sistem Budaya Kaum Urban (Studi Kasus Generasi Millenial Desa Kembang Kecamatan Nanggulan Kabupaten Kulonprogo). Citra Ilmu, Edisi 32, 63–70.

Syahrul, S., & Wardana, A. (2018). Analisis kebijakan pendidikan untuk anak jalanan di Kota Yogyakarta. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 4(2), 117–130. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v4i2.10388

Wijaya, N., Irsyad, H., & Taqwiym, A. (2022). Pelatihan Pemanfaatan Canva Dalam Mendesain Poster. Fordicate, 1(2), 192–199. https://doi.org/10.35957/fordicate.v1i2.2418

Zebua, N. (2023). Potensi Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Praktis Bagi Guru Dan Peserta Didik. 2(1), 229–234.

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-30

Cara Mengutip

Prasetyo, A., Kholil, I., Oktarini Sari, A. ., & Sidik. (2024). Penggunaan Canva dalam Pemberdayaan Anak Didik melalui Desain Poster:Studi Kasus Komunitas Peduli Pendidikan Anak Jalanan Kota Bogor . PRAWARA Jurnal ABDIMAS, 3(1 JANUARI), 7–11. Diambil dari http://jurnalilmiah.id/index.php/abdimas/article/view/86

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama