Pemanfaatan Artificial Intelligence Pembuatan Konten Media Sosial Yang Menarik Bagi Remaja Masjid Al Husain

Penulis

  • Feri Prasetyo H Universitas Bina Sarana Informatika
  • Anus Wuryanto Universitas Bina Sarana Informatika
  • Nicodias Palasara Universitas Bina Sarana Informatika
  • Muhamad Tabrani Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.63297/abdimas.v3i4.129

Kata Kunci:

Artificial Intelegent, Media Sosial, BKM Al Husain

Abstrak

Artificial Intelligence (AI) adalah teknologi yang memungkinkan komputer untuk meniru kemampuan manusia dalam memproses data, belajar, dan mengambil keputusan. Dalam konteks remaja, terutama dalam mendesain media sosial, AI menawarkan berbagai manfaat yang signifikan, seperti membantu desain grafis dengan rekomendasi tata letak, skema warna, dan elemen visual yang menarik, serta personalisasi konten sesuai minat audiens. Dengan memanfaatkan AI, remaja dapat membuat konten media sosial yang lebih efektif dan profesional, sehingga mampu meningkatkan daya tarik dan interaksi pada platform digital. Kegiatan Ini difokuskan pada pemanfaatan AI dalam mendesain konten media sosial bagi remaja BKM (Badan Kesejahteraan Masjid) Al Husain Telaga Murni Cikarang sebagai upaya untuk meningkatkan visibilitas dan aksesibilitas informasi di kalangan komunitas arena Sebagian besar remaja BKM tidak menguasai tentang Desain grafis secara formal,dengan memanfaatkan Teknologi AI memungkinkan produksi konten yang lebih efisien, inovatif. Namun, tidak semua pengguna media sosial memahami cara membuat konten yang menarik atau memanfaatkan algoritma AI secara optimal. Melalui pembelajaran dan penerapan AI, diharapkan remaja dapat menghasilkan konten yang kreatif dan relevan, mendukung aktivitas Kegitan BKM, dan dapat menghasilkan deain konten event yang menarik yang apat di pubilkasikan di media social.

Referensi

Amalia, R. N., & Dianingati, R. S. (2022). Pengaruh jumlah responden terhadap hasil uji validitas dan reliabilitas kuesioner pengetahuan dan perilaku swamedikasi. Generics: Journal of Research in Pharmacy, 2(1), 9–15.

Azzam, A., & Muhyani, Y. (2019). Manajemen masjid jogokariyan yogyakarta sebagai pusat kegiatan masyarakat. Komunika: Journal of Communication Science and Islamic Da’wah, 3(1), 197–205.

Fatmawati, N. (2021). Pengaruh Positif dan Negatif Media Sosial Terhadap Masyarakat. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-semarang/baca-artikel/14366/Pengaruh-Positif-dan-Negatif-Media-Sosial-Terhadap-Masyarakat.html

Fauzi, A., Sofica, V., & Mukhayaroh, A. (2024). PEMANFAATAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) UNTUK DESAIN KEGIATAN YAYASAN NAELUL KHAIR KOTA BEKASI. Indonesian Community Service Journal of Computer Science, 1(2), 6–11.

Hakeu, F., Pakaya, I. I., Djahuno, R., Zakarina, U., & Tangkudung, M. (2023). Workshop Media Pembelajaran Digital Bagi Guru Dengan Teknologi AI (Artificial Intelligence). Mohuyula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 1–14.

Iskandar, J., Panggayuh, V., & Dewi, S. S. (2024). Pelatihan dan Pendampingan Pemanfaatan Artificial Intelegence Untuk Meningkatkan Kreatifitas Remaja di Desa Rejotangan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 2(8), 3327–3333.

Jamilah, N., Putri, P., Sundari, S., & Amalia, Z. (2024). Pengaruh Kecerdasan Buatan Terhadap Hak Cipta (Analisis Karya Kreatif Yang Dihasilkan Dari Bing Image Creator). Jurnal Hukum Dan HAM Wara Sains, 3(01), 77–83.

Khasanah, S. N. (2024). Pelatihan Penggunaan Teknologi Artificial Intelligence (AI) Pada Yayasan As-Syamsuriah. Jurnal Pengabdian Indonesia, 2(2), 29–36.

Nirwana, A. (2023). Implementation of artificial intelligence in digital marketing development: A thematic review and practical exploration. Jurnal Manajemen Bisnis, Akuntansi Dan Keuangan, 2(1), 85–112.

Nurhayati, Sitorus, S., & Sitohang, N. (2023). Sosialisasi dan Pendampingan Pemanfaatan Media Digital Bagi Anak Yatim Piatu di Bulan Bakti Karang Taruna Kota Binjai. Jurnal Masyarakat Indonesia (Jumas), 2, 20–25. https://doi.org/10.54209/jumas.v2i01.39

Sunardi, S., Utama, W. K., & Munir, M. (2024). Strategi Mutu Pesantren dan Tantangan Dekadensi Moral di Tengah Geliat Artificial Intelligence. Jurnal Manajemen Dan Budaya, 4(2), 102–110.

Suseno, M. D. W., Abimanyu, B. A., Dewa, D. S., Faisal, I., Anjani, M., Ichwahna, N. P., Yunid, R., Mulyani, S. D., Setiawan, S. D., & Putra, V. A. (2022). Sosialisasi Dampak Negatif Media Sosial dan Game pada Anak Didik Yayasan Al-Muhajirin. JATIMIKA: Jurnal Kreativitas Mahasiswa Informatika, 3(02), 248–252.

Tabrani, M., Prastyo, F., & Nurrahman, D. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Platform Informasi Berbasis Digital. 2(4), 129–135.

Wardani, D. A. W. (2023). Tren Baru: Urgensi Multimedia Interaktif Dalam Eksebilitas Pendidikan Di Era Digital. Jawa Dwipa, 4(2), 139–153.

Yusuf, F., Rahman, H., Rahmi, S., & Lismayani, A. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Komunikasi, Informasi, Dan Dokumentasi: Pendidikan Di Majelis Taklim Annur Sejahtera. JHP2M: Jurnal Hasil-Hasil Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2, 1–8.

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-30

Cara Mengutip

Prasetyo H, F., Wuryanto, A., Palasara, N. ., & Tabrani, M. (2023). Pemanfaatan Artificial Intelligence Pembuatan Konten Media Sosial Yang Menarik Bagi Remaja Masjid Al Husain . PRAWARA Jurnal ABDIMAS, 3(4), 164–170. https://doi.org/10.63297/abdimas.v3i4.129

Terbitan

Bagian

Artikel Terkini