Edukasi Digital di Panti Asuhan Al Mabrur: Strategi Pemanfaatan Media Sosial secara Positif dan Produktif

Penulis

  • Muhamad Tabrani Universitas Bina Sarana Informatika
  • Feri Prasetyo H Universitas Bina Sarana Informatika
  • Ahmad Sinnun Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.63297/abdimas.v4i1.153

Kata Kunci:

Media sosial, literasi digital, edukasi digital, panti asuhan, pengabdian masyarakat

Abstrak

Dalam era digital, media sosial memiliki peran penting sebagai sumber informasi dan sarana komunikasi. Namun, pemanfaatannya yang tidak bijak dapat membawa dampak negatif, terutama bagi anak-anak di panti asuhan yang memiliki keterbatasan akses terhadap literasi digital. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan anak-anak Panti Asuhan Al Mabrur dalam memanfaatkan media sosial secara positif dan produktif. Metode pelaksanaan kegiatan ini dilakukan melalui pelatihan langsung, penyuluhan, serta pendampingan intensif bagi anak-anak panti asuhan. Materi yang diberikan mencakup pengenalan platform media sosial, strategi pembuatan konten informatif, serta etika dalam berinteraksi di dunia digital. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa 100% peserta merasa puas dengan kegiatan ini, di mana 67% peserta menyatakan bahwa kegiatan ini menambah wawasan mereka tentang pemanfaatan media sosial, serta 75% peserta menyatakan bahwa kegiatan ini memberikan manfaat yang signifikan dalam meningkatkan keterampilan digital mereka. Dari kegiatan ini, diharapkan anak-anak Panti Asuhan Al Mabrur dapat lebih memahami cara menggunakan media sosial dengan bijak, sehingga dapat meningkatkan keterampilan digital mereka untuk keperluan edukatif dan pengembangan diri. Selain itu, kegiatan ini juga membuka peluang kolaborasi antara akademisi dan masyarakat dalam meningkatkan literasi digital bagi kelompok yang kurang memiliki akses terhadap teknologi.

Referensi

Fatmawati, N. (2021). Pengaruh positif dan negatif media sosial terhadap masyarakat. Retrieved from Dkjn Artikel: Https://Www. Djkn. Kemenkeu. Go. Id/Kpknl-Semarang/Baca Artikel/14366/Pengaruh-Positif-Dan-Negatif-Media-Sosial-Terhadap-Masyarakat. Html.

Nurhayati, Sitorus, S., & Sitohang, N. (2023). Sosialisasi dan Pendampingan Pemanfaatan Media Digital Bagi Anak Yatim Piatu di Bulan Bakti Karang Taruna Kota Binjai. Jurnal Masyarakat Indonesia (Jumas), 2, 20–25. https://doi.org/10.54209/jumas.v2i01.39

Suhardi, S. (2024). Membangun Karakter Anak Dengan Public Speaking untuk Generasi Muda Berdaya Saing. PRAWARA Jurnal ABDIMAS, 3(1 JANUARI), 1–6.

Suseno, M. D. W., Abimanyu, B. A., Dewa, D. S., Faisal, I., Anjani, M., Ichwahna, N. P., Yunid, R., Mulyani, S. D., Setiawan, S. D., & Putra, V. A. (2022). Sosialisasi Dampak Negatif Media Sosial dan Game pada Anak Didik Yayasan Al-Muhajirin. JATIMIKA: Jurnal Kreativitas Mahasiswa Informatika, 3(02), 248–252.

Tabrani, M., Prastyo, F., & Nurrahman, D. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Platform Informasi Berbasis Digital. 2(4), 129–135.

Yusuf, F., Rahman, H., Rahmi, S., & Lismayani, A. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Komunikasi, Informasi, Dan Dokumentasi: Pendidikan Di Majelis Taklim Annur Sejahtera. JHP2M: Jurnal Hasil-Hasil Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2, 1–8

Unduhan

Diterbitkan

2025-02-08

Cara Mengutip

Tabrani, M., Prasetyo H, F., & Sinnun, A. (2025). Edukasi Digital di Panti Asuhan Al Mabrur: Strategi Pemanfaatan Media Sosial secara Positif dan Produktif. PRAWARA Jurnal ABDIMAS, 4(1), 21–26. https://doi.org/10.63297/abdimas.v4i1.153

Terbitan

Bagian

Artikel Terkini