Pelatihan Pengunaan Aplikasi Kependudukan Berbasis Website Bagi Pengurus dan Kader Dasawisma PKK Kelurahan Ragunan

Penulis

  • Achmad Rifai Universitas Nusa Mandiri
  • Tyas Setiyorini Universitas Nusa Mandiri

Kata Kunci:

Kependudukan, Website, CMS

Abstrak

Pengurus dan kader Dasawisma PKK di Kelurahan Ragunan Jakarta Selatan, merupakan garda terdepan pemerintah daerah yang tugasnya antara lain mengelola data administrasi kependudukan. Permasalahan yang dihadapi organisasi ini terkait dengan pengelolaan manajemen kependudukan yang yang ditulis secara manual melalui buku daftar penduduk desa dan juga kesadaran masyarakat yang relatif rendah terhadap tertib administrasi yang tidak melapor ketika terjadi perubahan data. Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat dapat memberikan solusi atas permasalahan yang terjadi dengan memanfaatkan teknologi informasi menggunakan aplikasi CMS (Content Management System) dengan cara pelatihan. CMS adalah aplikasi yang menyediakan informasi yang cepat untuk menyajikan hasil demografi berupa data, teks dan grafik. Keberhasilan pengabdian kepada masyarakat ini terletak pada perubahan metode kerja dari pencatatan kependudukan yang ditulis menjadi aplikasi pengelolaan administrasi kependudukan berbasis website secara online. Hal ini dapat memudahkan proses pembuatan, pemutakhiran, distribusi, pengambilan dan analisis data serta meningkatkan fleksibilitas untuk ditransformasikan ke dalam bentuk laporan administrasi kependudukan.

Referensi

Huda, B., & Priyatna, B. (2019). Penggunaan Aplikasi Content Manajement System (CMS) Untuk Pengembangan Bisnis Berbasis E-Commerce. SYSTEMATICS, 1(2), 81–88.

Rahardja, U., Aini, Q., Apriani, D., & Khoirunisa, A. (2019). Optimalisasi Informasi Manajemen Laporan Assignment Pada Website Berbasis Content Management System. Technomedia Journal, 3(2), 213–223.

Saprudin, U., Sutomo, B., & Budi, T. (2021). Pendampingan Pembuatan Website Menggunakan Content Management System & Plugin bagi Mahasiwa Manajemen Haji dan Umroh Institut Agama Islam Negeri Metro. 2(2), 62–66.

Subariah, R., Persada, G. N., Maulana, D., Sari, A. J., Fitriani, D., Kemal, M. W., & Andararuni, S. (2021). PELATIHAN PEMBUATAN WEBSITE MENGGUNAKAN CMS (CONTENT MANAGEMENT SYSTEM) JOOMLA PADA SMK BINA PUTRA MANDIRI. Jurnal Abdimas Indonesia, 1(1), 61–66.

Ushud, A. A. A., & Juliasari, N. (2021). Pelatihan Pemanfaatan CMS Untuk Pembuatan Website Bagi OrangTua Siswa Sekolah Alam Tangerang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat TEKNO, 2(1), 20–25.

Wulan, R., Saputra, E., & Haries, A. (2020). PENGEMBANGAN PELATIHAN PEMBUATAN BLOG DENGAN BLOGSPOT DAN WORDPRESS SEBAGAI SARANA INFORMASI DAN KOORDINASI KARANG TARUNA DAN REMAJA MASJID. 03(01), 107–113.

Unduhan

Diterbitkan

2023-07-04

Cara Mengutip

Rifai, A., & Setiyorini, T. . (2023). Pelatihan Pengunaan Aplikasi Kependudukan Berbasis Website Bagi Pengurus dan Kader Dasawisma PKK Kelurahan Ragunan. PRAWARA Jurnal ABDIMAS, 2(03 JULI), 112–116. Diambil dari http://jurnalilmiah.id/index.php/abdimas/article/view/63

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama