Pelatihan Digital Security Dalam Keamanan Berorganisasi Bagi Jaringan Pemuda dan Remaja Masjid Indonesia Jakarta

Penulis

  • Achmad Rifai Universitas Nusa Mandiri
  • Tyas Setiyorini Universitas Nusa Mandiri
  • Syaifur Rahmatullah Universitas Nusa Mandiri
  • Sita Anggraeni Universitas Nusa Mandiri

Kata Kunci:

Keamanan Data, Email, Ancaman Siber.

Abstrak

Keamanan data pada surat elektronik atau email menjadi elemen krusial dalam konteks organisasi pada era digital saat ini. Meskipun email memainkan peran sentral dalam komunikasi organisasi, namun juga menjadi celah potensial bagi tindakan kejahatan siber yang tidak bertanggung jawab. Jaringan Pemuda dan Remaja Masjid Indonesia (JPRMI) Jakarta, yang aktif dalam berbagai kegiatan dan mengelola beragam informasi organisasi, mengakui pentingnya aspek keamanan digital, khususnya dalam konteks email. Dalam upaya pengabdian masyarakat, metode pelatihan dan diskusi digunakan untuk mengeksplorasi tantangan keamanan email yang dihadapi oleh organisasi, dengan fokus pada ancaman-ancaman seperti spamming, scamming, malware, dan spoofing. Keberadaan ancaman-ancaman tersebut menekankan perlunya pemahaman yang mendalam dan penerapan tindakan preventif guna melindungi data organisasi dari serangan siber. Tujuan utama pengabdian kepada masyarakat ini adalah memberikan panduan praktis kepada JPRMI, memungkinkan mereka untuk mengatasi tantangan keamanan email dengan pemahaman yang lebih mendalam terhadap risiko yang ada. Selain itu, pengabdian ini bertujuan meningkatkan kemampuan JPRMI dalam menerapkan langkah-langkah keamanan yang tepat dan melindungi data organisasi melalui email di era digital yang semakin kompleks. Dengan demikian, hasil dari pengabdian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam memperkuat lapisan keamanan digital organisasi, menciptakan lingkungan yang lebih aman dan terpercaya di dunia maya.

Referensi

M, W. H., Musdira, N., Rasyid, N., S, M. K., & Juharman, M. (2023). Analisis Ancaman Terhadap Keamanan Data Pribadi pada Email. JUPITER, 01, 7–12.

Nurdiansyah, D., Anindira, Y. D., Muhibin, S. S., & Putri, A. H. (2023). Sosialisasi Digital Security Dalam Meningkatkan Edukasi Bermedia Digital Di Lingkungan Masyarakat Depok Baru. 2(1).

Permadi, I. B., & Rokhman, A. (2023). Implementasi Identitas Kependudukan Digital Dalam Upaya Pengamanan Data Pribadi. Journal of Public Policy and Administration Silampari, 4(2), 80–88. https://doi.org/10.31539/joppas.v4i2.6199

Rumlus, M. H., & Hartadi, H. (2020). Kebijakan Penanggulanan Pencurian Data Pribadi Dalam Media Elektronik. 19, 285–299.

Salsa, A. (2023). Tinjauan yuridis teradap perlindungan hak asasi manusia dalam kasus cybercrime. 01(03), 23–40.

Susanto, E., Antira, Lady, Kevin, K., Stansah, E., & Majid, A. A. (2023). Manajemen Keamanan Cyber di Era Digital. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan (Journal of Business and Entrepreneurship), 11(1), 23–33.

Yuniarti, D. R., Alfarizy, H. F., Siallagan, Z., & Rizkyanfi, M. W. (2023). Analisis Potensi Dan Strategi Pencegahan Cyber Crim Dalam Sistem Logistik Di Era Digital. 3, 23–32.

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-30

Cara Mengutip

Rifai, A., Setiyorini, T. ., Rahmatullah, S. ., & Anggraeni, S. . (2024). Pelatihan Digital Security Dalam Keamanan Berorganisasi Bagi Jaringan Pemuda dan Remaja Masjid Indonesia Jakarta. PRAWARA Jurnal ABDIMAS, 3(1 JANUARI), 24–28. Diambil dari http://jurnalilmiah.id/index.php/abdimas/article/view/89