Implementasi Form Log In pada Aplikasi Excel untuk Meningkatkan Keamanan Data

Penulis

  • Mohammad Syamsul Azis Universitas Nusa Mandiri
  • Juniarti Eka S Universitas Nusa Mandiri

Abstrak

- Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah form log in pada aplikasi Excel yang dapat meningkatkan keamanan data. Penggunaan form log in akan membatasi akses ke data yang sensitif hanya kepada pengguna yang memiliki otorisasi.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penggunaan fitur VBA (Visual Basic for Applications) pada Excel untuk membuat form log in. Dalam form log in, pengguna akan diminta untuk memasukkan username dan password. Data username dan password akan disimpan secara terenkripsi dalam lembar kerja Excel yang hanya dapat diakses oleh pengguna yang memiliki hak akses.Penelitian ini juga mengimplementasikan berbagai fitur keamanan tambahan seperti pembatasan percobaan login yang gagal, verifikasi kekuatan password, dan pembatasan akses pengguna berdasarkan peran. Fitur-fitur ini akan membantu mencegah serangan brute force dan melindungi data sensitif dari akses yang tidak sah.Melalui penelitian ini, diharapkan dapat memberikan solusi praktis dalam meningkatkan keamanan data pada aplikasi Excel. Form log in yang dikembangkan dapat diimplementasikan dalam berbagai jenis aplikasi Excel yang mengandung data sensitif, baik dalam lingkungan perusahaan maupun individual. Dengan demikian, risiko kebocoran dan penyalahgunaan data dapat dikurangi secara signifikan.

Referensi

Azis, Mohammad Syamsul, and Lukmanul Hakim. 2020. “Perancangan Aplikasi Berbasis Desktop Dengan Microsoft Visual Basic (Studi Kasus: Aplikasi Absensi Anak Magang 1.0).” Jurnal Responsif: Riset Sains dan Informatika 2(1): 44–52.

Carell, Yusuf Ricky, and Lis Zuhriyah. 2021. Digital Leadership: Peran Pemimpin Di Era Digital Pasca Pandemi. Digital Optima Integra.

Hariyanto, Dicky. 2022. “Pelatihan Pengolahan Angka Dengan Microsoft Excel Untuk Anggota Komunitas Bogor Mengabdi.” PRAWARA Jurnal ABDIMAS 1(1): 30–36.

Haryadi, Hendi. 2009. Administrasi Perkantoran Untuk Manajer & Staf. VisiMedia.

Kurnianingsih, Indah, Rosini Rosini, and Nita Ismayati. 2017. “Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi Digital Bagi Tenaga Perpustakaan Sekolah Dan Guru Di Wilayah Jakarta Pusat Melalui Pelatihan Literasi Informasi.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 3(1): 61–76.

Rachmawati, Imami Nur. 2007. “Pengumpulan Data Dalam Penelitian Kualitatif: Wawancara.” Jurnal Keperawatan Indonesia 11(1): 35–40.

Rahmasari, Erisa Adyati, and Auria F Yogananti. 2021. “Kajian Usability Aplikasi Canva (Studi Kasus Pengguna Mahasiswa Desain).” ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia 7(01): 165–78.

Unduhan

Diterbitkan

2023-07-04

Cara Mengutip

Syamsul Azis, M., & Safitri, J. E. (2023). Implementasi Form Log In pada Aplikasi Excel untuk Meningkatkan Keamanan Data . PRAWARA Jurnal ABDIMAS, 2(03 JULI), 67–72. Diambil dari http://jurnalilmiah.id/index.php/abdimas/article/view/64